Menu

Mode Gelap
HMPS Ekonomi Syari’ah Adakan Entrepreneurship Workshop Semarak Bulan Bahasa, HMPS TBIN Adakan Pemilihan Duta Bahasa Indonesia IAIN Madura Gelar Pisah Sambut Kabiro AUAK IAIN Madura Tidak Masuk 3 Besar Kampus Terbaik di Madura Versi Kemendikbudristek RI Dianggap Tidak Mendidik, Konten IMTV Mendapat Kritikan

News · 17 Mar 2019 00:10 WIB ·

Wujudkan Pemilu Damai, IAIN Madura Gelar Seminar Nasional


 Wujudkan Pemilu Damai, IAIN Madura Gelar Seminar Nasional Perbesar

IAIN Madura- Mendekati pemilihan Presiden, Institut Agama Islam Negri (IAIN) Madura, menggelar seminar nasional dengan tema “Integritas Religius dan Nasionalis Menuju Pemilu Damai” di Auditorium,  Sabtu (16/03/19).

Acara yang dimulai sejak pukul 10:30 WIB tersebut, dihadiri langsung oleh  Salahuddin Wahid (Pengasuh Pesantren Tebuireng ),  Mif Rohim (Ketua Pusat Kajian Pemikiran Hasyim Asy’ari Tebuireng), Imam wahyudi (Anggota Dewan Pers), Mohammad Kosim Rektor (IAIN Madura), Dekan Fakultas, Dosen dan 200 mahasiswa dari berbagi jurusan.

Seminar yang digagas oleh Kementerian Agama tersebut  diisi lansung oleh kombes Pol. Drs. Tedy Septiady (Direktur Intelejen Keamanan Polda Jatim), Azyumardi Azra (Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah),  Imam wahyudi (Anggota Dewan Pers).
Dalam sambutannya Mohammad Kosim Rektor IAIN Madura mengatakan,  sangat penting bagi kita untuk bisa mengetahui  setiap berita yang bereda.

“Karena supaya kita tidak mudah terbawa arus dengan berita-berita hoax yang ada terutama dalam pemilihan presiden (pilpres) yang akan mendatang,” Ujarnya.
Untuk itu Imam Wahyudi selaku pemateri menuturkan, munculmya berita-berita hoax tidak terlepas dari personal media yang memang secara sengaja dibuat untuk menebarkan berita hoax di berbagai media sosial.

“Karenanya untuk dapat mengetahui berita hoax tersebut baik berupa foto ataupun video yang beredar dimedsos, yaitu dengan menggunakan salah satu situs yang memang dirancang khusus untuk dapat mengetahui dari mana situs itu berasal serta dapat menunjukkan siapa pembuatnya.

Sementara itu, Ahmad Sholeh selaku Kapolsek wilayah Talanakan Pamekasan yang hadir sejak dari pagi mengatakan, acara ini sangat bagus terutama untuk masa depan anak muda.

“Isinya kan bagaiman kita bisa memilah dan memilih serta bisa membedakan mana yang benar mana yang salah. Selain itu  yang disampaikan bagimana cara menagkal berita-berita hoax dan bagaiman solusinya,”

Ruhin selaku ketua panitia berharap terhadap apa yang disampaikan pemateri, bagaiman peta pemikiran yang sama ataupun tidak dapat sejalan dan tidak saling menjelekkan, sehingga kedamaian  bisa kita rasakan, serta peran dari generasi muda dikampus nanti bisa masuk ke masyrakat dari apa yang telah didapatkan dikasih kepada masyarakat.
Sementara Sobir sebagai peserta mengatakan, acara ini sangat bagus kita bisa mengetahui bagaimana caranya memilah antara berita hoax dan yang tidak hoax.” Ujar mahasiswa prodi Syariah tersebut. (Hasir/Afik)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ormawa Fakultas Tarbiyah Lakukan Audensi, Pihak Dekanat Beri Tanggapan

12 Juni 2024 - 05:43 WIB

Audensi Ormawa Terhadap Dekanat Fakultas Tarbiyah

Tunjukkan Kesolidan, Ormawa Fasya Gelar Pelantikan Raya

12 Juni 2024 - 01:17 WIB

pelantikan raya fakultas syari'ah 2024

Sema, Dema, dan UKK FPM FEBI Adakan Pelantikan Kolaboratif, Ini Tanggapan Pihak Fakultas Ekonomi dan Bisnis

10 Juni 2024 - 14:15 WIB

Pelantikan Kolaboratif Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Adakan Pekan Berkah 2024, UPZ IAIN Madura Sertakan Bazar dalam Rentetan Kegiatan

10 Juni 2024 - 01:50 WIB

Pekan Berkah UPZ IAIN Madura

Dilantik Sebagai Wakil Dema I, Demisioner PU LPM Activita Minta Kampus Lakukan Perbaikan

8 Juni 2024 - 23:57 WIB

Wakil Presiden Mahasiswa IAIN Madura 2024-2025

Patut Dicontoh, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Libatkan Mahasiswa dalam Penelitian Internasional

7 Juni 2024 - 15:10 WIB

Tim Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Internasional, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah
Trending di Kabar Kampus