Menu

Mode Gelap
HMPS Ekonomi Syari’ah Adakan Entrepreneurship Workshop Semarak Bulan Bahasa, HMPS TBIN Adakan Pemilihan Duta Bahasa Indonesia IAIN Madura Gelar Pisah Sambut Kabiro AUAK IAIN Madura Tidak Masuk 3 Besar Kampus Terbaik di Madura Versi Kemendikbudristek RI Dianggap Tidak Mendidik, Konten IMTV Mendapat Kritikan

Artikel · 16 Feb 2022 01:11 WIB ·

Workshop Moderasi Tersaji, Mahasiswa Diharap Menjadi Pionir


 Workshop Moderasi Tersaji, Mahasiswa Diharap Menjadi Pionir Perbesar


IAIN Madura, LPM Activita – Dalam rangka menguatkan moderasi beragama di lingkungan mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Wakil Rektor (Warek) III IAIN Madura mengadakan workshop di Aula Perpustakaan IAIN Madura. Rabu (16/03/22). 

Workshop bertemakan “Peran Mahasiswa dan Pemuda Sebagai Pionir Moderasi Beragama” ini dihadiri oleh 3 perwakilan dari setiap Organisasi Mahasiswa (Ormawa). Mulai dari Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS), Unit Kegiatan Khusus (UKK) hingga Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan mendatangkan pemateri seorang doktor muda bernama M. Taufik dari Kepulauan Riau.

Busawi sebagai perwakilan Warek III IAIN Madura, yaitu Moh. Hasan yang pada kesempatan itu tidak bisa menghadiri langsung acara tersebut, menyampaikan bahwa kegiatan pada kali ini bertujuan untuk menjadikan mahasiswa IAIN Madura memiliki pemahaman kebangsaan dan keagamaan yang moderat. 

“Sebagai langkah bisa hidup berdampingan dan saling membantu antara satu dengan yang lainnya dalam kehidupan bangsa Indonesia yang sangat beragam ini,” tutur staf Warek III ini. 

Alfin Muzaini selalu salah satu peserta work shop memberi tanggapan positif. Mengingat tentang pentingnya sikap terhadap keberagaman pemahaman dan sudut pandang dalam beragama di Indonesia.

“Pertama, mereka yang ikut seminar bisa memahami makna moderasi beragama dan perbedaannya dengan moderasi agama. Kedua, mereka dapat menyalurkan pemahaman mereka terkait tema moderasi beragama kepada orang lain. Kemudian yang ketiga, mereka dapat mengimplementasikannya,” ucap mahasiswa Program Studi (Prodi) Tadris Bahasa Inggris (TBI) semester 6 ini. 

Senada dengan Alfin, Mukhsin Alatas (TBI/6) yang hadir selaku jajaran pengurus UKM Teater Fataria, berujar bahwa pemuda sekarang memang harus ditekankan terhadap moderasi beragama yang sebenarnya. 

“Masih banyak yang salah kaprah terhadap konsep moderasi beragama. Secara pasti ketika pemuda hari sekarang diberikan pemahaman yang lurus akan hal itu, maka mereka akan menjadi ujung tombak yang akan meluruskan kesalah kaprahan masyarakat,” ungkapnya. (Activita)

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ini Pesan Dekan Faud kepada Mahasiswa Terpilih untuk Program Penelitian dan PkM Internasional

4 April 2024 - 04:02 WIB

Sosialisasi Penelitian dan PkM Internasional Fakultas Ushuluddin dan Dakwah

Laksanakan Semarak Ramadhan Bersama UKK FPM FEBI: Upaya Menebar Hal Positif pada Masyarakat Sekitar

31 Maret 2024 - 16:06 WIB

Semarak Ramadhan Bersama UKK FPM FEBI

Ketua Dema Fakultas Tarbiyah Tuntut SK Asli, Wadek III Beri Tanggapan

31 Maret 2024 - 04:37 WIB

Ilustrasi foto dari https://pin.it/6MX4GFmZr

Penipuan Mengatasnamakan Dosen IAIN Madura, Beberapa Mahasiswa Telah Menjadi Korban

30 Maret 2024 - 03:29 WIB

Sumber foto: https://pin.it/1Jr4Mrhzk

Prodi HES Sukses Gelar Meet and Greet: Optimis Jadikan Madura Sebagai Hook Sentral Industri Halal Nasional

20 Maret 2024 - 03:45 WIB

Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Sukses Gelar Meet and Greet Bersama Ketua POSDHESI

UKK Pramuka Sajikan Hal Unik di Closing Dies Maulidiyah: Upaya Mengenalkan Budaya Daerah

16 Maret 2024 - 11:09 WIB

Closing Dies Maulidiyah XXXII UKK PRAMUKA IAIN Madura
Trending di Liputan Khusus