Menu

Mode Gelap
HMPS Ekonomi Syari’ah Adakan Entrepreneurship Workshop Semarak Bulan Bahasa, HMPS TBIN Adakan Pemilihan Duta Bahasa Indonesia IAIN Madura Gelar Pisah Sambut Kabiro AUAK IAIN Madura Tidak Masuk 3 Besar Kampus Terbaik di Madura Versi Kemendikbudristek RI Dianggap Tidak Mendidik, Konten IMTV Mendapat Kritikan

News · 17 Mar 2021 06:32 WIB ·

Usai Dilantik, HMPS Pbs Uji Coba Koperasi Simpan Pinjam


 Usai Dilantik, HMPS Pbs Uji Coba Koperasi Simpan Pinjam Perbesar

 IAIN MADURA, LPM Activita –Pasca dilantiknya pengurus  Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Perbankan Syariah (Pbs) laksanakan program Koperasi Simpan Pinjam (Kospim). Selasa (17/03/2021).

Tujuan Kospim tersebut adalah  sebagai tempat belajar mahasiswa Perbankan Syariah untuk merealisasikan pelajaran di kelas atau praktik langsung pada koperasi simpan pinjam mahasiswa. Sehingga mahasiswa tidak hanya memahami teori akan tetapi juga mengetahui tata cara atau sistem yang ada pada lembaga keuangan. 

Sekretaris umum Pbs menuturkan, dalam mendirikan kospim tentuya memerlukan tekad, usaha, dan siap menghadapi segala tantangan. 

 “Untuk mendirikan Kospim dan menjalankannya sebenarnya tidak gampang tapi tidak sulit jika kita ingin belajar dan berusaha. Jadi, harus bisa mengambil resiko yang merupakan tantangan besar bagi kami dari resiko tersebut, misal, siap rugi,” ucap Desi.

Lebih lanjut ia menambahkan, Kospim yang sudah berjalan selama kurang lebih sebulan ini masih belum direalisasikan secara menyeluruh kepada mahasiswa karena berada dalam tahap uji coba.

“Untuk saat ini nasabah masih dalam lingkup kepengurusan HMPS Perbankan Syariah,” tambahnya

Senada dengan itu, Ketua HMPS Pbs, Abd. Rohim mengatakan, apabila dalam tahap uji coba tersebut dapat berkembang secara maksimal maka ruang lingkup nasabah kospim akan diperluas.

 “Nantinya jika Kospim bisa berjalan dengan lancar dapat berlanjut membuka tabungan khusus mahasiswa Perbankan Syariah bahkan untuk seluruh mahasiswa IAIN Madura,” ungkapnya.

Diketahui,  Program kerja itu juga bertjuan sebagai tempat mahasiswa yang ingin menyimpan biaya untuk membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) sehinga mahasiswa dapat menabung dan diambil ketika hendak membayar UKT.

Lina menyampaikan, program kerja yang sangat bagus meskipun dalam tahap uji coba.  

“Program ini tuh bagus, selain buat mempermudah dalam pembayaran UKT, mahasiswa Perbankan Syariah juga bakal tau bagaimana transaksi yang tanpa riba dan juga bakal tau gimana cara simpan pinjam yang baik sesuai dengan syari’ah se belum nantinya terjun langsung kelembaga koperasi masyarakat yang pastinya lebihbesar cakupannya. Selain itu sih mahasiswa juga bakal lebih tau tentang kegiatan ekonomi yang terarah dan sesuai sama prinsip syari’ah,” paparnya.

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ini Pesan Dekan Faud kepada Mahasiswa Terpilih untuk Program Penelitian dan PkM Internasional

4 April 2024 - 04:02 WIB

Sosialisasi Penelitian dan PkM Internasional Fakultas Ushuluddin dan Dakwah

Laksanakan Semarak Ramadhan Bersama UKK FPM FEBI: Upaya Menebar Hal Positif pada Masyarakat Sekitar

31 Maret 2024 - 16:06 WIB

Semarak Ramadhan Bersama UKK FPM FEBI

Ketua Dema Fakultas Tarbiyah Tuntut SK Asli, Wadek III Beri Tanggapan

31 Maret 2024 - 04:37 WIB

Ilustrasi foto dari https://pin.it/6MX4GFmZr

Penipuan Mengatasnamakan Dosen IAIN Madura, Beberapa Mahasiswa Telah Menjadi Korban

30 Maret 2024 - 03:29 WIB

Sumber foto: https://pin.it/1Jr4Mrhzk

Prodi HES Sukses Gelar Meet and Greet: Optimis Jadikan Madura Sebagai Hook Sentral Industri Halal Nasional

20 Maret 2024 - 03:45 WIB

Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Sukses Gelar Meet and Greet Bersama Ketua POSDHESI

UKK Pramuka Sajikan Hal Unik di Closing Dies Maulidiyah: Upaya Mengenalkan Budaya Daerah

16 Maret 2024 - 11:09 WIB

Closing Dies Maulidiyah XXXII UKK PRAMUKA IAIN Madura
Trending di Liputan Khusus