Menu

Mode Gelap
HMPS Ekonomi Syari’ah Adakan Entrepreneurship Workshop Semarak Bulan Bahasa, HMPS TBIN Adakan Pemilihan Duta Bahasa Indonesia IAIN Madura Gelar Pisah Sambut Kabiro AUAK IAIN Madura Tidak Masuk 3 Besar Kampus Terbaik di Madura Versi Kemendikbudristek RI Dianggap Tidak Mendidik, Konten IMTV Mendapat Kritikan

Liputan Khusus · 27 Feb 2024 17:19 WIB ·

UKK KSR Laksanakan Simulasi Tanggap Darurat Bencana


 Simulasi Tanggap Darurat Bencana UKK KSR PMI Perbesar

Simulasi Tanggap Darurat Bencana UKK KSR PMI

Activita.co.id- Unit Kegiatan Khusus (UKK) Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, bekali para relawan agar tanggap darurat bencana. Hal itu dilakukan pada serangkaian diklat SAR (Pendidikan dan Pelatihan Dasar) Angkatan VI UKK KSR IAIN Madura.

Kegiatan tersebut mengusung tema, “Generasi Baru Ciptakan Akar Relawan Berkualitas dan Berjiwa Kemanusiaan”, yang berlangsung di halaman Rekotorat IAIN Madura, pada Minggu (25/02/24) kemarin. (28/02/2024)

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan simulasi penanganan darurat terhadap bencana gempa  dan kebakaran. Simulasi tersebut diperankan oleh anggota Palang Merah Remaja (PMR) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Pamekasan.

Ketua Panitia Pelaksana, Royhana, mengungkapkan bahwa simulasi tanggap darurat bencana merupakan kegiatan besar sehingga membutuhkan tenaga yang besar pula. Ia juga mengaku sempat terkendala pada pembangunan tenda, sebab minimnya anggota laki-laki UKK KSR PMI.

“Kegiatan simulasi sendiri adalah kegiatan yang besar menurut kami, itu juga membutuhkan tenaga yang besar, seperti mendirikan tenda dan semacamnya. Sedangkan kesulitan kami hanya dari SDM (Sumber Daya Manusia) nya saja, karena memang kekurangan SDM laki-laki untuk mendirikan tenda,” paparnya.

Wakil Komandan UKK KSR PMI, Ulfa Safira, menjelaskan kegiatan Diklatsar dan Simulasi tersebut untuk membentuk jiwa kerelewanan yang kuat terhadap anggota baru.

“Diadakan Diklatsar & Simulasi itu sebenarnya sebagai salah satu upaya kita untuk melakukan pendekatan secara emosional kepada anggota baru. Dengan begitu kita bisa mengayomi, mengenal mereka lebih dalam dan menjadikan mereka sebagai relawan sejati,” ungkap mahasiswi Prodi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI), tersebut.

Sementara itu, Ketua UKK KSR PMI IAIN Madura, Sitti Asyiah menuturkan, fokus KSR kedepan untuk membentuk relawan yang tanggap terhadap bencana.

“Fokus UKK KSR PMI ke depan memang untuk membentuk relawan yang siap sigap dan tangguh,” ucapnya.

Pembentukan relawan yang tanggap darurat tersebut, lanjut Sitti Asyiah, diharapkan, anggota baru KSR PMI mampu memberi kontribusi positif terhadap IAIN Madura.

“Saya berharap dengan adanya anggota baru mampu membuat UKK KSR PMI, IAIN Madura, lebih semangat dalam menebarkan manfaat, kebaikan dan dapat memberi kontribusi terhadap kampus,” tuturnya pada Activita. (Activita/Mila)

Artikel ini telah dibaca 127 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ini Pesan Dekan Faud kepada Mahasiswa Terpilih untuk Program Penelitian dan PkM Internasional

4 April 2024 - 04:02 WIB

Sosialisasi Penelitian dan PkM Internasional Fakultas Ushuluddin dan Dakwah

Laksanakan Semarak Ramadhan Bersama UKK FPM FEBI: Upaya Menebar Hal Positif pada Masyarakat Sekitar

31 Maret 2024 - 16:06 WIB

Semarak Ramadhan Bersama UKK FPM FEBI

Ketua Dema Fakultas Tarbiyah Tuntut SK Asli, Wadek III Beri Tanggapan

31 Maret 2024 - 04:37 WIB

Ilustrasi foto dari https://pin.it/6MX4GFmZr

Penipuan Mengatasnamakan Dosen IAIN Madura, Beberapa Mahasiswa Telah Menjadi Korban

30 Maret 2024 - 03:29 WIB

Sumber foto: https://pin.it/1Jr4Mrhzk

Prodi HES Sukses Gelar Meet and Greet: Optimis Jadikan Madura Sebagai Hook Sentral Industri Halal Nasional

20 Maret 2024 - 03:45 WIB

Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Sukses Gelar Meet and Greet Bersama Ketua POSDHESI

UKK Pramuka Sajikan Hal Unik di Closing Dies Maulidiyah: Upaya Mengenalkan Budaya Daerah

16 Maret 2024 - 11:09 WIB

Closing Dies Maulidiyah XXXII UKK PRAMUKA IAIN Madura
Trending di Liputan Khusus