Menu

Mode Gelap
HMPS Ekonomi Syari’ah Adakan Entrepreneurship Workshop Semarak Bulan Bahasa, HMPS TBIN Adakan Pemilihan Duta Bahasa Indonesia IAIN Madura Gelar Pisah Sambut Kabiro AUAK IAIN Madura Tidak Masuk 3 Besar Kampus Terbaik di Madura Versi Kemendikbudristek RI Dianggap Tidak Mendidik, Konten IMTV Mendapat Kritikan

News · 4 Jul 2019 03:04 WIB ·

Tuntut Profesionalitas Dosen ASN, Mahasiswa Dilaporkan ke Polres Pamekasan


 Tuntut Profesionalitas Dosen ASN, Mahasiswa Dilaporkan ke Polres Pamekasan Perbesar

Kompak : Mahasiswa saat bergegas Audiensi
IAIN Madura, Activita – Salah satu dosen Aparatur Sipil Negara (ASN) fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (EBIS) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura inisial N melaporkan mahasiswanya ke kapolres Pamekasan akibat diaudensi oleh mahasiswa yang tergabung dalam Lembaga Advokasi Mahasiswa (LAM). Kamis (04/06/19).

Sebelumnya, Mahasiswa yang tergabung dalam LAM melakukan audiensi kepada dekan fakuktas terkait dosen tersebut.

Dalam audiensi tersebut, Mahasiswa menuntut beberapa poin diantaranya tidak komitmennya dosen tersebut dalam kontrak belajar yang disepakati, penilaian yang tidak sesuai dengan kurikulum akademik, memanfaatkan mahasiswa dalam kepentingan pribadi, membedakan antara mahasiswa dan mahasiswi dalam kegiatan Belajar Mengajar (KBM), Penyampaian materi kuliah yang menoton, dan kardiman.

Ali Rofiq selaku korban yang dilaporkan menuturkan, awal dari masalah ini adalah ketika dia dan teman-temannya yang lain audensi ke dekan fakultas terkait profeionalitas salah satu dosen fakultas EBIS. “Dosen yang satu ini, kurang profesional dalam kegiatan belajar mengajar (KBM), dan sering ambil enaknya sendiri. Masih banyak indikator yang lain, sehingga kami lakukan audensi,” tutur Rofik.

Mahasiswa program studi (Prodi) Akuntansi Syariah tersebut juga menjelaskan, bahwa terkait pelaporan dirinya kepada kapolres Pamekasan merupakan akibat tuduhan mengancam pembunuhan terhadap dosen tersebut. ” Sebenarnya disini ada kesalah pahaman, saya tidak pernah mengancam membunuh. Cuma ingin membuat petisi di atas kain kafan, dari seluruh mahasiswa fakuktas EBIS. Tapi dosen tersebut menfitnah saya mau membungkusnya dari kain kafan,” tegasnya.

Sementara itu, Misbahol Munir selaku korlap dari audensi tersebut mengatakan, dirinya sangat perihatin terhadap tindakan dosen tersebut. “Saya prihatin terhadap mahasiswa yang dilaporkan. Kok bisa dosen melaporkan mahsiswanya sendiri ke kapolres, apalagi dosen ASN, sebagai pelayan masyarakat, yang seharusnya sebagai contoh dari dosen yang lain,” jelasnya rahul, sapaannya.

“Kami dan temen-temen yang lain akan mengawal kasus ini sampai tuntas, biar ada efek jera bagi dosen tersebut. Agar tidak menyalah gunakan wewenangnya sebagai dosen. Dan saya harap perlu dibuat secepatnya kode etik dosen,” pungkasnya.

Sementara itu, Zainal abidin, selaku dekan fakultas menuturkan, untuk menyelesaikan secara kekeluargaan kampus. “Saya harap temen-temen menjaga nama baik kampus, dan jangan gegabah dalam berindak. Selesaikan masalah ini kekeluargaan dan Melaksanakan Mediasi yang diberikan kampus,” tuturnya. (Munir)

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

PWI Pamekasan Gelar Simposium Momentum Kebebasan Pers Sedunia

27 Mei 2024 - 04:14 WIB

PWI Laksanakan Simposium di Momentum Hari Kebebasan Pers

Poros Literasi Prodi MPI: Membumikan Literasi pada Mahasiswa

25 Mei 2024 - 01:43 WIB

Kegiatan Poros Literasi yang Diadakan oleh Prodi MPI IAIN Madura

Pentingnya Parenting Terhadap Anak Usia Dini, DWP IAIN Madura Gelar Seminar

24 Mei 2024 - 11:57 WIB

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Gelar Seminar Mengenai Parenting Anak

Prodi Tadris Bahasa Inggris Gelar Seminar Pengembangan Literasi Digital

19 Mei 2024 - 04:49 WIB

Prodi Tadris Bahasa Inggris Gelar Seminar

Prodi TBIN Gelar Seminar, Dorong Mahasiswa Lulus Tanpa Skripsi

16 Mei 2024 - 15:03 WIB

Seminar Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Indonesia

UKM-PI dan Riset IAIN Madura, Sukses Gelar Pengenalan Anggota Baru dan Diklat Penalaran Dasar 2024

14 Mei 2024 - 12:43 WIB

Pelantikan sekaligus PAB dan DPD UKMPI dan Riset 2024
Trending di Liputan Khusus