Menu

Mode Gelap
HMPS Ekonomi Syari’ah Adakan Entrepreneurship Workshop Semarak Bulan Bahasa, HMPS TBIN Adakan Pemilihan Duta Bahasa Indonesia IAIN Madura Gelar Pisah Sambut Kabiro AUAK IAIN Madura Tidak Masuk 3 Besar Kampus Terbaik di Madura Versi Kemendikbudristek RI Dianggap Tidak Mendidik, Konten IMTV Mendapat Kritikan

Artikel · 15 Mei 2022 13:09 WIB ·

TrainMES, Solusi Mahasiswa Kesasar Prodi


 TrainMES, Solusi Mahasiswa Kesasar Prodi Perbesar

IAIN Madura, LPM Activita – Pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Bahasa Inggris (TBI) mengadakan “Training New Mebers of English Students” (TrainMES) Sejak Jum’at hingga Minggu (13-14 /05/22). Acara tersebut digadang-gadang untuk menjadi solusi bagi mahasiswa Program Studi (Prodi) Tadris Bahasa Inggris (TBI) yang merasa kebingungan dan salah jurusan, dalam artian belum memiliki banyak kemampuan dalam bidang Bahasa Inggris.
Acara yang dilaksanakan di Yayasan Al-Imron Pedemawu Timur tersebut diikuti oleh kurang lebih 47 mahasiswa Prodi TBI angkatan 2021. Dengan mengusung tema “Building the Characters, Shaping the Future”,  TrainMES 2022 tersebut memiliki beberapa program berupa pelatihan dan pemberian  materi-materi dasar dalam bahasa Inggris, seperti: writing, dan speaking. Pada kesempatan itu, materi keorganisasian juga disajikan. 
TrainMES kali ini berfokus untuk pengembangan _skill_  mahasiswa. Alfin Muzaini (TBI/6) selaku Ketua HPMS TBI mengatakan bahwa implementasi dari adanya TrainMES tersebut untuk regenerasi dan tidak hanya selesai disini. Lebih lanjut ia juga menyampaikan harapannya terhadap mahasiswa baru Prodi TBI angkatan 2021. 
“Yang paling utama itu kesemangatan, dan rasa cinta terhadap bahasa Inggris sehingga mereka tidak lantas menyudahi proses dalam belajar bahasa Inggris,” Ujarnya.
Selaras dengan Alfin, Fahrur Rosi sebagai ketua panitia menyampaikan tujuan diadakannya TrainMES 2022.
“Tujuan utamanya adalah untuk membantu para mahasiswa baru dalam mengembangkan skill Bahasa Inggris,” ujar mahasiswa semester empat tersebut. 
Rosi juga menuturkan esensi dari tema yang diangkat.  
“Kami harap peserta mampu membentuk atau membangun sebuah karakter agar mereka bisa menentukan masa depan mereka,”  pungkasnya ketika diwawancarai oleh kru activita diakhir acara tersebut.
Peserta TrainMES, Waisul Firdaus menyadari bahwa kegiatan ini sangat dibutuhkan bagi mahasiswa Prodi TBI guna lebih mengenal HMPS TBI. 
“Meskipun awalnya kami mengikuti dengan terpaksa, namun kami menyadari bahwa setelah keterpaksaan tersebut timbul sebuah dorongan dan kewajiban,” Ungkapnya. 
“TrainMES TBI 2022 Alhamdulillah berjalan dengan baik, saya sangat semangat sekali. Karena banyak hal positif yang saya dapatkan dari kegiatan ini,” lanjut Nuri Oktaviani Sakinah (TBI/2) menambahi.
(Nisa’/Siti Aisyah/Activita)
Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ini Pesan Dekan Faud kepada Mahasiswa Terpilih untuk Program Penelitian dan PkM Internasional

4 April 2024 - 04:02 WIB

Sosialisasi Penelitian dan PkM Internasional Fakultas Ushuluddin dan Dakwah

Laksanakan Semarak Ramadhan Bersama UKK FPM FEBI: Upaya Menebar Hal Positif pada Masyarakat Sekitar

31 Maret 2024 - 16:06 WIB

Semarak Ramadhan Bersama UKK FPM FEBI

Ketua Dema Fakultas Tarbiyah Tuntut SK Asli, Wadek III Beri Tanggapan

31 Maret 2024 - 04:37 WIB

Ilustrasi foto dari https://pin.it/6MX4GFmZr

Penipuan Mengatasnamakan Dosen IAIN Madura, Beberapa Mahasiswa Telah Menjadi Korban

30 Maret 2024 - 03:29 WIB

Sumber foto: https://pin.it/1Jr4Mrhzk

Prodi HES Sukses Gelar Meet and Greet: Optimis Jadikan Madura Sebagai Hook Sentral Industri Halal Nasional

20 Maret 2024 - 03:45 WIB

Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Sukses Gelar Meet and Greet Bersama Ketua POSDHESI

UKK Pramuka Sajikan Hal Unik di Closing Dies Maulidiyah: Upaya Mengenalkan Budaya Daerah

16 Maret 2024 - 11:09 WIB

Closing Dies Maulidiyah XXXII UKK PRAMUKA IAIN Madura
Trending di Liputan Khusus