Menu

Mode Gelap
HMPS Ekonomi Syari’ah Adakan Entrepreneurship Workshop Semarak Bulan Bahasa, HMPS TBIN Adakan Pemilihan Duta Bahasa Indonesia IAIN Madura Gelar Pisah Sambut Kabiro AUAK IAIN Madura Tidak Masuk 3 Besar Kampus Terbaik di Madura Versi Kemendikbudristek RI Dianggap Tidak Mendidik, Konten IMTV Mendapat Kritikan

News · 23 Apr 2019 01:50 WIB ·

Tingkatkan Wawasan Mahasiswa, Prodi Hukum Ekonomi Syariah Gelar Kuliah Tamu


 Tingkatkan Wawasan Mahasiswa, Prodi Hukum Ekonomi Syariah Gelar Kuliah Tamu Perbesar

IAIN MADURA-Untuk menambah wawasan mahasiawa tentang pengawasan keuangan dalam bank syariah, Program Studi (Prodi) Hukum Ekonomi Syariah hadirkan Kuliah Tamu dengan tajuk “Kewenangan Otoritas Jasa Keuangan Dalam Melakukan Fungsi Pengawasan Pada Lembaga Keuangan Syariah” di gedung Auditorium IAIN Madura, Senin (22/04/2019).

Acara yang dimulai pukul 9.00 tersebut diisi langsung oleh narasumber ternama Budi Susetyo selaku Deputi Direktur Pengawasan Bank Surabaya dan dipandu oleh Dosen Ilmu Hukum (Erie Hariyanto).
Tampak hadir Muhammad Kosim (Rektor IAIN Madura), Maimun (Dekan Fakultas Syariah), Abd Wahid (Kajur HES) dan diikuti seluruh mahasiswa HES dan AHS angkatan 2017-2018.

Moh. Nuril Anwar selaku Ketua Hima HES membeberkan, tujuan acara tersebut untuk melakukan kerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang ada di Jawa Timur. “Bagi mahasiswa yang ingin melakukan penelitian bisa langsung berkunjung kesana.” ujarnya.

Sementara itu, Dalam sambutannya Rektor IAIN Madura juga sangat mengapresiasi terkait adanya kuliah tamu tersebut.
“Kuliah tamu ini sangat penting, apalagi tema acara ini sangat bagus untuk mahasiswa HES dan penting juga untuk masyarakat umum agar aman dalam beritransaksi.” Kata Mohammad Kosim.

Pemateri Budi Susetyo menjelaskan seputar sejarah bank syariah, perkembangan bank syariah dan pentingnya mengetahui sistem ekonomi syariah bagi mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah dan mayarakat islam. “Di bank syariah itu tidak berat sebelah dan sangat beda dengan bank yang bukan syariah, kalau di bank syariah keuntungan itu adil saling menguntungkan dan tidak ada yang rugi.” Jelas alumni UGM tersebut.

Lebih lanjut pria jebolan universitas Philipina itu juga banyak menyampaikan peran lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam pengwasan  pada lembaga keuangan syariah. “Peran OJK saat ini sudah memberikan sertifikasi pada pihak didalamnya sedangkan OJK tersebut diawasi oleh DPR dan mentri keuangan.” Jelas Budi Susetyo.

Selain itu, Moh. Sugi Hartono selaku peserta mengapresiasi dengan digelarnya acara tersebut. Menurutnya acara itu sangat baik karena materi yang sampaikan pemateri sangat bermanfaat bagi mahasiswa prodi Hukum Ekonomi Syari’ah. “Materinya sangat berkaitan dengan materi perkuliahan saya.” Ujar mahasiswa semester 4 tersebut.

Ia berharap mahasiswa HES bisa menampung atau mengamplikasikan atas materi yang diserap diacara tersebut.” Semoga materi yang di sampaikan itu bermanfaat bagi seluruh mahasiswa khususnya mahasiswa HES.” Pungkasnya. (Kholisin/Erik/Alif)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Upgrading Kolaboratif dengan UIN Khas Jember, Ketua HMPS HTN IAIN MAdura: Terobosan Harus Dimulai Sejak Awal

22 Juni 2024 - 14:32 WIB

Upgrading Kolaboratif HMPS HTN IAIN Madura dengan HMPS UIN Khas Jember

HMPS PAI Tekankan Moderasi Beragama dalam Pelantikan, Ini Alasannya

22 Juni 2024 - 03:13 WIB

Pelantikan HMPS Prodi Pendidikan Agama Islam 2024-2025

HMPS dan IKA EKONOMI SYARI’AH Adakan Pelantikan Bersama, Kaprodi: Mari Sama-sama Berkolaborasi

18 Juni 2024 - 05:21 WIB

Pelantikan Kolaboratif HMPS dan IKA EKONOMI SYARI'AH

Launching UKK Baru, Fakultas Syariah Tingkatkan Kemampuan Mahasiswa Lewat UKK Lawrent

17 Juni 2024 - 11:38 WIB

Fakultas Syariah Launching UKK Baru, UKK LAWRENT

Training Kepengurusan HMPS MPI, Kaprodi Ingatkan Mahasiswa untuk Lebih Disiplin

14 Juni 2024 - 03:11 WIB

Training Kepengurusan HMPS MPI IAIN Madura

Ormawa Fakultas Tarbiyah Lakukan Audensi, Pihak Dekanat Beri Tanggapan

12 Juni 2024 - 05:43 WIB

Audensi Ormawa Terhadap Dekanat Fakultas Tarbiyah
Trending di Kabar Kampus