Menu

Mode Gelap
HMPS Ekonomi Syari’ah Adakan Entrepreneurship Workshop Semarak Bulan Bahasa, HMPS TBIN Adakan Pemilihan Duta Bahasa Indonesia IAIN Madura Gelar Pisah Sambut Kabiro AUAK IAIN Madura Tidak Masuk 3 Besar Kampus Terbaik di Madura Versi Kemendikbudristek RI Dianggap Tidak Mendidik, Konten IMTV Mendapat Kritikan

News · 31 Okt 2021 15:07 WIB ·

Tingkatkan Wawasan, Kompas Adakan Dialog Astronomi


 Tingkatkan Wawasan, Kompas Adakan Dialog Astronomi Perbesar


IAIN Madura, LPM Activita – Komunitas Pelajar Astronomi (Kompas) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura adakan dialog astronomi dengan tema “Kisah Rasul dalam Perspektif Astronomi”, berlokasikan di Auditorium Mini Fakultas Tarbiyah IAIN Madura, Ahad (31/10/2021).

Hosen, selaku pembina Kompas sangat berharap kegiatan yang berlangsung bisa berlanjut ke depannya.

“Harapan saya, kegiatan ini tetap berlanjut serta acara seperti pelatihan menentukan awal bulan dan arah kiblat juga bisa dilakukan,” tutur dosen Fakultas Syari’ah ini.

Sementara, Ahmad Muzayyin, selaku ketua umum Kompas menuturkan, dengan diadakannya acara dialog astronomi ini diharapkan agar ilmu Falak banyak diminati untuk dipelajari sedalam-dalamnya. Keberadaan ilmu ini bisa diketahui oleh masyarakat dari berbagai manfaat.

“Ilmu Falak ini langka, banyak manfaat dalam keberadaannya, dan tidak hanya tentang Rukyatul Hilal saat penetapan awal  bulan Ramadhan dan Idul Fitri,” ujar Ach.Muzayyin, selaku ketua umum Kompas.

Mahasiswa Hukum Keluarga Islam (HKI) ini pun menambahkan harapan besarnya sebagai ketua Kompas terkait keberlangsuangan perjalanan komunitas ini ke depannya.

“Harapan besar saya komunitas ini mampu bersaing dengan organisasi lainnya, mulai dari intelektual dan lain sebagainya. Ada dua sistem dari saya, yaitu yang pertama, dalam hidup tidak ada tombol backspace seperti keybord komputer, jadi jangan pernah memberikan waktu berlalu dengan sia-sia. Kemudian kedua, jangan takut untuk memulai hal yang tidak tahu, karena semakin kamu takut maka semakin pula kamu akan ketinggalan,” tegas Mahasiswa semester 5 ini.

Di samping itu, acara tersebut juga memperoleh respon positif dari mahasiswa sekaligus peserta. Fatimatuz Zahro salah satunya, dia merasa sangat terbantu. 

“Dengan acara ini saya merasa bisa berhati-hati dalam beribadah. Sebab, saya bisa belajar menentukan arah kiblat dari kegiatan tersebut, ” pungkas mahasiswi Program Studi (Prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) semester 3 itu.

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ini Pesan Dekan Faud kepada Mahasiswa Terpilih untuk Program Penelitian dan PkM Internasional

4 April 2024 - 04:02 WIB

Sosialisasi Penelitian dan PkM Internasional Fakultas Ushuluddin dan Dakwah

Laksanakan Semarak Ramadhan Bersama UKK FPM FEBI: Upaya Menebar Hal Positif pada Masyarakat Sekitar

31 Maret 2024 - 16:06 WIB

Semarak Ramadhan Bersama UKK FPM FEBI

Ketua Dema Fakultas Tarbiyah Tuntut SK Asli, Wadek III Beri Tanggapan

31 Maret 2024 - 04:37 WIB

Ilustrasi foto dari https://pin.it/6MX4GFmZr

Penipuan Mengatasnamakan Dosen IAIN Madura, Beberapa Mahasiswa Telah Menjadi Korban

30 Maret 2024 - 03:29 WIB

Sumber foto: https://pin.it/1Jr4Mrhzk

Prodi HES Sukses Gelar Meet and Greet: Optimis Jadikan Madura Sebagai Hook Sentral Industri Halal Nasional

20 Maret 2024 - 03:45 WIB

Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Sukses Gelar Meet and Greet Bersama Ketua POSDHESI

UKK Pramuka Sajikan Hal Unik di Closing Dies Maulidiyah: Upaya Mengenalkan Budaya Daerah

16 Maret 2024 - 11:09 WIB

Closing Dies Maulidiyah XXXII UKK PRAMUKA IAIN Madura
Trending di Liputan Khusus