Menu

Mode Gelap
HMPS Ekonomi Syari’ah Adakan Entrepreneurship Workshop Semarak Bulan Bahasa, HMPS TBIN Adakan Pemilihan Duta Bahasa Indonesia IAIN Madura Gelar Pisah Sambut Kabiro AUAK IAIN Madura Tidak Masuk 3 Besar Kampus Terbaik di Madura Versi Kemendikbudristek RI Dianggap Tidak Mendidik, Konten IMTV Mendapat Kritikan

News · 30 Sep 2019 13:04 WIB ·

Tingkatkan Mutu Calon Konselor, Prodi BKPI Lakukan Studi Banding ke Universitas Pendidikan Indonesia


 Tingkatkan Mutu Calon Konselor, Prodi BKPI Lakukan Studi Banding ke Universitas Pendidikan Indonesia Perbesar

Menyatu: Jajaran mahasiswa/i saat foto bersama

Bandung– Mahasiswa Program Studi (Prodi) Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI) melaksanakan studi banding ke Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung yang terletak di auditorium fakultas Ilmu Pendidikan, Minggu (29/09).

Perjalanan yang dimulai sejak Minggu kemarin dari pukul 13:30 WIB tersebut sampai dengan selamat di Bumi Siliwangi pada Senin (30/09) pukul 08:45 yang langsung disambut baik oleh Ketua Departemen Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Dr. Nandang Budiman, M.Si.

“Saya sangat senang bisa bertatap muka dengan kalian semua yang tidak lain ingin bersilaturrahmi dengan kami,” ucap Nandang, sapaan akrabnya.

Menurut Ketua Prodi (Kaprodi) BKPI H. Moh. Jamaluddin, kegiatan studi banding ini sudah memasuki fase ketiga setelah tahun 2016 BKPI sukses menggelar studi banding ke Universitas Negeri Malang (UM), dan tahun 2017 ke Universitas Negeri Semarang (UNNES). Pria 36 tahun tersebut juga mengatakan bahwa kegiatan ini dikhususkan untuk mahasiswa semester 3 agar bisa mengetahui bagaimana seharusnya mereka (sebagai calon konselor) bersikap.

“Kegiatan ini merupakan program tahunan bagi semester 3 yang mana sekarang sudah ketiga kalinya diadakan setelah UM dan UNNES kali ini ke UPI,” tuturnya saat memberikan sambutan.

“Tujuannya adalah agar prodi BKPI bisa mengambil ilmu dan bisa berkembang seperti UPI,” lanjutnya.

Selaras dengan pernyataan Kaprodi, ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS), Mustofa (BKPI/5) mengatakan jika tujuan dari studi banding ini adalah untuk silaturrahmi dan ingin belajar kepada UPI.

“Tujuan kami tidak lain yaitu ingin bersilaturrahmi sekaligus belajar kepada UPI yang notabene sudah lahir lebih dulu daripada Prodi BKPI itu sendiri,” ucapnya.

Menanggapi hal itu, Dr. Nandang Budiman selaku Ketua Departemen Psikologi Pendidikan dan Bimbingan sekaligus pemateri dalam acara tersebut memberikan beberapa wejangan kepada para mahasiswa IAIN Madura khususnya prodi BKPI agar tetap semangat dalam mencapai tujuan.

“Orang yang tidak memiliki visi dalam hidupnya, maka ia akan hidup untung-untungan.” Beliau mengatakan jika seseorang memiliki visi yang jelas maka akan mempermudah orang itu melangkah kearah mana.

Selain itu, Nandang juga menambahkan “If you lost your character, you lost everything.” Yang artinya jika kamu kehilangan karaktermu, maka kamu akan kehilangan segalanya.(Anon)

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ormawa Fakultas Tarbiyah Lakukan Audensi, Pihak Dekanat Beri Tanggapan

12 Juni 2024 - 05:43 WIB

Audensi Ormawa Terhadap Dekanat Fakultas Tarbiyah

Tunjukkan Kesolidan, Ormawa Fasya Gelar Pelantikan Raya

12 Juni 2024 - 01:17 WIB

pelantikan raya fakultas syari'ah 2024

Sema, Dema, dan UKK FPM FEBI Adakan Pelantikan Kolaboratif, Ini Tanggapan Pihak Fakultas Ekonomi dan Bisnis

10 Juni 2024 - 14:15 WIB

Pelantikan Kolaboratif Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Adakan Pekan Berkah 2024, UPZ IAIN Madura Sertakan Bazar dalam Rentetan Kegiatan

10 Juni 2024 - 01:50 WIB

Pekan Berkah UPZ IAIN Madura

Dilantik Sebagai Wakil Dema I, Demisioner PU LPM Activita Minta Kampus Lakukan Perbaikan

8 Juni 2024 - 23:57 WIB

Wakil Presiden Mahasiswa IAIN Madura 2024-2025

Patut Dicontoh, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Libatkan Mahasiswa dalam Penelitian Internasional

7 Juni 2024 - 15:10 WIB

Tim Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Internasional, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah
Trending di Kabar Kampus