Menu

Mode Gelap
HMPS Ekonomi Syari’ah Adakan Entrepreneurship Workshop Semarak Bulan Bahasa, HMPS TBIN Adakan Pemilihan Duta Bahasa Indonesia IAIN Madura Gelar Pisah Sambut Kabiro AUAK IAIN Madura Tidak Masuk 3 Besar Kampus Terbaik di Madura Versi Kemendikbudristek RI Dianggap Tidak Mendidik, Konten IMTV Mendapat Kritikan

News · 24 Jul 2019 13:03 WIB ·

Tingkatkan Manfaat Produk Lokal, KPM Posko 113 Sukses Gelar Pelatihan Kewirausahaan


 Tingkatkan Manfaat Produk Lokal, KPM Posko 113 Sukses Gelar Pelatihan Kewirausahaan Perbesar

Kompak : Prosesi pelatihan saat berlangsung

Activita, IAIN Madura – Guna meningkatkan manfaat produk lokal, mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) posko 113 IAIN Madura sukses menggelar Pelatihan Kewirausahaan di Desa Pangorayan Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan, Rabu (24/07/19).

Pelatihan yang mengangkat tema “Pemanfaatan Lele dalam Mewujudkan Desa Pangorayan yang Kreatif dan Mandiri dalam Peningkatan  Ekonomi” ini diikuti mahasiswa KPM posko 113, kelompok muslimat Desa Pangarayan, ibu-ibu PKK dan masyarakat setempat.

Nurul Anwar (HES/7) selaku koordinator desa (Kordes) KPM membeberkan, diadakannya acara ini untuk meningkatkan pemanfaatan ikan lele bagi masyarakat Pangorayan. “Harapan kami dengan diadakannya program ini mampu meningkatkan kemandirian serta bisa lebih memanfaatkan sumber daya alam yang ada.” Ujarnya.

Senada dengan Nurul Anwar, Ulfatul Muslimah (PBA/7) mengatakan, dengan diadakannya kegiatan ini masyarakat Pangorayan mampu meningkatkan kemandirian ekonomi dan bisa lebih kreatif dalam memanfaatkan produk lokal. “Artinya lele yang merupakan produk lokal yang ada di Desa Pangorayan tidak hanya dijadikan menu lalapan di cafe-cafe dan warung pinggiran. Tetapi bisa disulap menjadi banyak menu, seperti kegiatan pada pagi ini, yakni membuat nuget lele, kulit lele yang dibuat usus  dan sate lilit.” Ungkap gadis berkaca mata itu.

Sementara itu, acara ini mendapatkan tanggapan positif dari salah satu warga setempat. Romli  menuturkan, kegiatan ini sangat menarik karena baru pertama kali diadakan di Desa Pangorayan. Menurutnya, kegitan ini cukup  memotivasi bagi warga untuk mengolah lele dengan berbagai menu. “Kegiatan ini juga sangat cocok dilaksanakan didesa pangorayan karena mayoritas masyarakat disini membudidayakn lele.” Ungkap salah satu kepala sekolah MI tersebut. (Sin)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

HMPS dan IKA EKONOMI SYARI’AH Adakan Pelantikan Bersama, Kaprodi: Mari Sama-sama Berkolaborasi

18 Juni 2024 - 05:21 WIB

Pelantikan Kolaboratif HMPS dan IKA EKONOMI SYARI'AH

Launching UKK Baru, Fakultas Syariah Tingkatkan Kemampuan Mahasiswa Lewat UKK Lawrent

17 Juni 2024 - 11:38 WIB

Fakultas Syariah Launching UKK Baru, UKK LAWRENT

Training Kepengurusan HMPS MPI, Kaprodi Ingatkan Mahasiswa untuk Lebih Disiplin

14 Juni 2024 - 03:11 WIB

Training Kepengurusan HMPS MPI IAIN Madura

Ormawa Fakultas Tarbiyah Lakukan Audensi, Pihak Dekanat Beri Tanggapan

12 Juni 2024 - 05:43 WIB

Audensi Ormawa Terhadap Dekanat Fakultas Tarbiyah

Tunjukkan Kesolidan, Ormawa Fasya Gelar Pelantikan Raya

12 Juni 2024 - 01:17 WIB

pelantikan raya fakultas syari'ah 2024

Sema, Dema, dan UKK FPM FEBI Adakan Pelantikan Kolaboratif, Ini Tanggapan Pihak Fakultas Ekonomi dan Bisnis

10 Juni 2024 - 14:15 WIB

Pelantikan Kolaboratif Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Trending di Liputan Khusus