Menu

Mode Gelap
HMPS Ekonomi Syari’ah Adakan Entrepreneurship Workshop Semarak Bulan Bahasa, HMPS TBIN Adakan Pemilihan Duta Bahasa Indonesia IAIN Madura Gelar Pisah Sambut Kabiro AUAK IAIN Madura Tidak Masuk 3 Besar Kampus Terbaik di Madura Versi Kemendikbudristek RI Dianggap Tidak Mendidik, Konten IMTV Mendapat Kritikan

News · 25 Apr 2019 16:10 WIB ·

Tajamkan Metodologi Fikih Nusantara, Prodi AHS Sukses Gelar Kuliah Tamu


 Tajamkan Metodologi Fikih Nusantara, Prodi AHS Sukses Gelar Kuliah Tamu Perbesar

Activita- Tajamkan mahasiswa tentang metodologi Fikih Nusantara, Program studi (Prodi) Al-Ahwal Al-Syalhshiyyah  (AHS) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura sukses  menggelar Kuliah tamu di gedung Auditorium 1, Kamis (25/04/2019).

Acara yang mengangkat tema “Metodologi Fiqih Nusantara dalam Dinamika Hukum Keluarga Islam” ini diisi langsung oleh Prof. M. Noor Harisuddin, M.Fil Dekan Fakultas Syariah & Hukum sekaligus Guru Besar Ushul Fikih IAIN Jember dan dipimpin langsung oleh Abd. Jalil selaku Ketua Prodi (KA-Prodi).

Terlihat, acara yang dimulai pukul 8.00 ini dihadiri oleh Maimun (Dekan Fakultas Syariah), semua dosen AHS dan seluruh mahasiswa AHS & HES.

Maimun Dekan Fakultas Syariah mengungkapkan, acara kuliah tamu ini merupakan kegiatan rutin Fakultas Syariah setiap semester. “Sengaja setiap semester di masing-masing prodi Fakultas Syariah mengadakan agenda kuliah tamu seperti sekarang ini dalam rangka menyegarkan keilmuan islam di IAIN Madura khususnya di Fakultas Syariah.” Ucap Maimun.

Foto peserta saat acara berlanguber.

Maimun juga manyatakan, diadakannya kuliah tamu tersebut untuk memberikan wawasan baru terhadap mahasiswa AHS tentang Ushul Fikih selain mata kuliah yang diterima di ruang kelas. “Supaya mahasiswa mendapat wawasan tambahan selain yang di kelas itu,” pungkasnya.

Sementara itu, Salman Al-Farisi selaku ketua HIMA AHS berharap semoga peserta dapat memahami lebih dalam terhadap Metodologi Fikih Nusantara sebagaimana tema yang diangkat pada acara tersebut. “Saya rasa tema acara ini sangat pas untuk kembali meningkatkan intelektual mahasiswa AHS karena saya rasa melihat kondisi intelektual dalam keislaman terlebih Ushul Fikih itu sangat minim bagi mahasiswa sekarang, jadi acara ini bisa dikatakan solusi terhadap hal itu.” Ungkapnya.

Ia berharap, kedepan mahasiswa AHS bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. “Karena penegakan hukum di Indonesia saat ini sudah sangat kacau dan perlu dibenahi lagi maka dengan adanya acara itu semoga kita semua bisa menegakkan hukum islam lebih baik lagi,” Tandasnya.

Selain itu, acara tersebut juga mendapatkan respon positif dari Zahrotul Habibah salah satu peserta. “Acaranya menarik sekali, pematerinya humoris dan tidak monoton. Dan yang terakhir saya bangga selaku mahasiswa AHS karena prodi saya bisa menggelar acara sekeren ini.” Jelas mahasiswa semester dua itu. (Kholisin)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tak Disupport Kampus, Tim Futsal IAIN Madura Raih Juara Tingkat Provinsi

21 Februari 2024 - 06:34 WIB

Tim futsal UKOR

Catatan Usil untuk LPM Activita

21 Februari 2024 - 00:50 WIB

LPM Activita

UPZ Adakan Diklat, Warek II: Semoga Bisa Membantu UKT Mahasiswa

17 Februari 2024 - 02:06 WIB

Pembukaan PAB UPZ

Menjadi PU Perempuan Pertama LPM Activita: Mampukah Via Mewujudkan Visinya?

13 Februari 2024 - 04:15 WIB

LPM Activita

HMPS TIPS IAIN Madura Datangkan Rian Fahardhi pada Seminar Nasional 2023.

1 November 2023 - 11:03 WIB

HMPS TBIN IAIN Madura Hadirkan Peri Sandi Huizche di Seminar Nasional 2023

30 Oktober 2023 - 06:18 WIB

Trending di Kabar Kampus