Menu

Mode Gelap
HMPS Ekonomi Syari’ah Adakan Entrepreneurship Workshop Semarak Bulan Bahasa, HMPS TBIN Adakan Pemilihan Duta Bahasa Indonesia IAIN Madura Gelar Pisah Sambut Kabiro AUAK IAIN Madura Tidak Masuk 3 Besar Kampus Terbaik di Madura Versi Kemendikbudristek RI Dianggap Tidak Mendidik, Konten IMTV Mendapat Kritikan

Artikel Lawas · 9 Nov 2015 14:41 WIB ·

Saluran Air Tersumbat, Mahasiswa Turun Tangan


 Saluran Air Tersumbat, Mahasiswa Turun Tangan Perbesar

Anggota SOS membersihkan saluran air kampus sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan.

Beberapa mahasiswa terlihat sedang berkumpul di area kampus dengan membawa peralatan kebersihan. Kelompok yang menamakan dirinya Science of Stupid (SOS) ini melakukan bersih-bersih pada saluran air di dalam kampus yang mulai dipenuhi sampah, Minggu (9/11).

Kegiatan tersebut mereka lakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan kampus, serta untuk mempersiapkan diri menghadapi musim hujan. Pasalnya, saluran air yang ada di kampus dipenuhi oleh sampah. Hal itu menyebabkan penyumbatan aliran air di beberapa saluran air. SOS melakukan pembersihan sebagai langkah normalisasi saluran air di dalam kampus.

Sampah-sampah yang terkumpul di saluran air adalah sampah plastik, kemasan makanan, dan botol minuman yang dibuang sembarangan oleh sebagian mahasiswa. Hal itu membuat SOS terpanggil untuk meluangkan waktu dan tenaga demi membersihkan saluran air seperti sedia kala. “Sebenarnya sampah-sampah ini adalah kemasan-kemasan makanan ringan dari mahasiswa sendiri yang kurang peduli terhadap kebersihan,” ujar Mujibur Rohman, salah satu anggota SOS.

Dengan berbekal cangkul yang mereka pinjam dari pekerja yang sedang membangun gedung pasca sarjana, mereka mulai membersihkan saluran air sejak pukul 07.00. Meskipun hanya beberapa orang saja yang terlibat, ditambah hari itu adalah hari libur, kelompok ini tetap bersemangat untuk mengerahkan tenaga demi menjaga kebersihan kampus.

Su’aibi, koordinator kegiatan menjelaskan, kegiatan yang mereka lakukan tidak bermaksud lain, kecuali untuk kebersihan dan mempersiapkan diri menyambut musim hujan. Ia menambahkan, koordinasi dengan pihak kebersihan juga sudah dilakukan, dan pihak kebersihan kampus sangat mendukung kegiatan yang mereka lakukan.

SOS berharap agar semua mahasiswa STAIN Pamekasan dan organisasi mahasiswa bisa  memperhatikan kebersihan lingkungan kampus dan menjaganya bersama-sama. “Sebenarnya kita semua kalau mau sadar dan mau membuang sampah pada tempatnya, kampus kita akan bersih dan indah. Dan semua pihak bisa berperan aktif pada kebersihan kampus, termasuk semua UKK dan UKM,” pungkas Su’aibi. (Ism)

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Training Kepengurusan HMPS MPI, Kaprodi Ingatkan Mahasiswa untuk Lebih Disiplin

14 Juni 2024 - 03:11 WIB

Training Kepengurusan HMPS MPI IAIN Madura

Ormawa Fakultas Tarbiyah Lakukan Audensi, Pihak Dekanat Beri Tanggapan

12 Juni 2024 - 05:43 WIB

Audensi Ormawa Terhadap Dekanat Fakultas Tarbiyah

Tunjukkan Kesolidan, Ormawa Fasya Gelar Pelantikan Raya

12 Juni 2024 - 01:17 WIB

pelantikan raya fakultas syari'ah 2024

Sema, Dema, dan UKK FPM FEBI Adakan Pelantikan Kolaboratif, Ini Tanggapan Pihak Fakultas Ekonomi dan Bisnis

10 Juni 2024 - 14:15 WIB

Pelantikan Kolaboratif Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Adakan Pekan Berkah 2024, UPZ IAIN Madura Sertakan Bazar dalam Rentetan Kegiatan

10 Juni 2024 - 01:50 WIB

Pekan Berkah UPZ IAIN Madura

Dilantik Sebagai Wakil Dema I, Demisioner PU LPM Activita Minta Kampus Lakukan Perbaikan

8 Juni 2024 - 23:57 WIB

Wakil Presiden Mahasiswa IAIN Madura 2024-2025
Trending di Liputan Khusus