Menu

Mode Gelap
HMPS Ekonomi Syari’ah Adakan Entrepreneurship Workshop Semarak Bulan Bahasa, HMPS TBIN Adakan Pemilihan Duta Bahasa Indonesia IAIN Madura Gelar Pisah Sambut Kabiro AUAK IAIN Madura Tidak Masuk 3 Besar Kampus Terbaik di Madura Versi Kemendikbudristek RI Dianggap Tidak Mendidik, Konten IMTV Mendapat Kritikan

News · 15 Nov 2019 22:21 WIB ·

Sadar Foto Jurnalistik Penting, LPM Activita Adakan Kajian Fotografi


 Sadar Foto Jurnalistik Penting, LPM Activita Adakan Kajian Fotografi Perbesar

Tulisan harus memuat foto atau dokumentasi yang berhubungan dengan apa yang ditulis. Hal tersebut akan membuat pembaca lebih mempercayai apa yang ada di dalam tulisan.

Lpm Activita- Setelah mengadakan beberapa kajian kepenulisan, Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Activita juga mengadakan kajian foto jurnalistik, Jumat (15/11/19). Kajian ini diadakan di depan Lab Terpadu II Institut Agama Islam Negeri Madura.

Salah satu tujuan diadakan kajian ini supaya anggota magang LPM Activita paham bahwa foto merupakan salah satu unsur jurnalistik yg tidak boleh dikesampingkan. Hal ini disampaikan oleh Aqil Ubaidillah selaku pemateri, foto jurnalistik penting untuk mempertegas berita yang ingin jurnalis sampaikan. “Mempertegas berita yang ingin kita sampaikan merupakan tujuan adanya foto jurnalistik,” jelasnya di awal pemaparan materi.

Dalam sesi tanya jawab, pemateri menjawab pertanyaan dari Jamila (TBI/3) perihal pengambilan foto dapat dikatakan bagus. “Foto bagus itu relatif. Namun setidaknya foto jurnalistik bisa dikatakan bagus apabila anggel, pencahayaan dan komposisinya pas, bisa menyampaikan pesan dari sebuah berita dan juga menarik” terang senioritas LPM Activita itu.

Dia juga mengkritik, foto jurnalistik yang dipotret oleh anggota magang di berita LPM Activita terkesan monoton. “Untuk event, kita tidak harus mengambil foto yang tampak dari belakang memperlihatkan banyaknya peserta dan pemateri. Namun, kita juga bisa memotret pemateri dengan mengambil anggel kamera low level atau high level untuk menambah kesan tegas dan elegan pada objek,” ungkap desainer java tersebut.

Lebih lanjut, pemateri juga menyampaikan bahwa  foto jurnalistik perlu dicantumkan sumbernya agar terhindar dari plagiasi. “Jangan lupa sertakan sumber dari mana foto jurnalistik itu diambil, karena foto memiliki hak copywriter supaya tidak terjadi plagiasi,” paparnya.

Di akhir, pemateri memberi pesan bahwa kita tidak perlu takut untuk mengexplore hasil karya yang kita punya. “Karena mempelajari sesuatu hal yang baru adalah hal yang menyenangkan,” pungkasnya.

Siti Hannarisa (TBIN/3) menanggapi, kajian ini bermanfaat sebagai basic awal untuk mengetahui dunia fotografi. “Kajian ini lumayan bisa menambah wawasan tentang foto jurnalistik dan ini menyenangkan,” ungkap Ririn, sapaan akrabnya. (Pena Semesta)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ini Pesan Dekan Faud kepada Mahasiswa Terpilih untuk Program Penelitian dan PkM Internasional

4 April 2024 - 04:02 WIB

Sosialisasi Penelitian dan PkM Internasional Fakultas Ushuluddin dan Dakwah

Laksanakan Semarak Ramadhan Bersama UKK FPM FEBI: Upaya Menebar Hal Positif pada Masyarakat Sekitar

31 Maret 2024 - 16:06 WIB

Semarak Ramadhan Bersama UKK FPM FEBI

Ketua Dema Fakultas Tarbiyah Tuntut SK Asli, Wadek III Beri Tanggapan

31 Maret 2024 - 04:37 WIB

Ilustrasi foto dari https://pin.it/6MX4GFmZr

Penipuan Mengatasnamakan Dosen IAIN Madura, Beberapa Mahasiswa Telah Menjadi Korban

30 Maret 2024 - 03:29 WIB

Sumber foto: https://pin.it/1Jr4Mrhzk

Prodi HES Sukses Gelar Meet and Greet: Optimis Jadikan Madura Sebagai Hook Sentral Industri Halal Nasional

20 Maret 2024 - 03:45 WIB

Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Sukses Gelar Meet and Greet Bersama Ketua POSDHESI

UKK Pramuka Sajikan Hal Unik di Closing Dies Maulidiyah: Upaya Mengenalkan Budaya Daerah

16 Maret 2024 - 11:09 WIB

Closing Dies Maulidiyah XXXII UKK PRAMUKA IAIN Madura
Trending di Liputan Khusus