Menu

Mode Gelap
HMPS Ekonomi Syari’ah Adakan Entrepreneurship Workshop Semarak Bulan Bahasa, HMPS TBIN Adakan Pemilihan Duta Bahasa Indonesia IAIN Madura Gelar Pisah Sambut Kabiro AUAK IAIN Madura Tidak Masuk 3 Besar Kampus Terbaik di Madura Versi Kemendikbudristek RI Dianggap Tidak Mendidik, Konten IMTV Mendapat Kritikan

News · 30 Sep 2021 08:23 WIB ·

Rayakan Ulang Tahun ke-23, Pembina: Sesatkan Adik-Adiknya Ke jalan yang Benar


 Rayakan Ulang Tahun ke-23, Pembina: Sesatkan Adik-Adiknya Ke jalan yang Benar Perbesar

 

IAIN Madura, LPM Activita – Peringati hari lahir yang ke-23, Unit Kegiatan Khusus (UKK) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Activita usung tema “Peran Jurnalisme Lingkungan di Tengah Maraknya Tambang Ilegal” yang dikemas dengan dialog interaktif dan bedah buku yang berjudul “Rebutan Lahan Di Pesisir Pantai Sumenep,” Kamis (30/09/2021).

Acara ini dilaksanakan di Auditorium Center Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Dihadiri oleh pembina LPM Activita, Presiden Mahasiswa (Presma) IAIN Madura, alumni LPM Activita, pengurus LPM Activita, Organisasi Mahasiswa (Ormawa), dan mahasiswa, juga perwakilan dari LPM Unija, LPM Dialektika, LPM Iqra’ Bangkalan, dan Unira LPM Semesta.

Mustajab, selaku pembina LPM Activita menyatakan harapannya ketika memberikan sambutan sekaligus membuka acara.

“Ketika nanti ada acara khusus temu alumni, semoga para alumni bisa mengayomi adik-adiknya dan kalian yang masih aktif ini bisa banyak belajar dari para seniornya. Saya berharap para senior bisa memberikan pengalaman dan mampu menyesatkan adik-adiknya ke jalan yang benar,” tuturnya.

Moh. Farid, selaku pimpinan umum LPM Activita mengatakan tujuan mengusung tema tersebut untuk mengembalikan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan.

“Semoga LPM Activita akan semakin jaya melalui semangat dari teman-teman pengurus. Mantapkan tujuan dan gali potensi,” harapnya.

LPM Activita pun turut mengundang dua narasumber dalam acara ini, yaitu Kiai Mahmudi Zain dan Moh. Royhan Fajar.

“Warisan yang paling berharga adalah tanah itu, napas kita, makanya harus dipertahankan dengan sungguh-sungguh. Kekayaan Madura harus diolah dan manfaatkan untuk masyarakat Madura sendiri,” ujar Royhan di tengah diskusi.

“Kalau bukan kita, siapa lagi yang bisa mengatasi permasalahan tambang ilegal yang dinakhodai oleh para investor dan menjadikan Madura khususnya Sumenep sebagai surga bagi keinginan mereka. Bahkan, dampaknya sangat besar bagi masyarakat Sumenep,” tambah penulis kelahiran Ambunten itu

Isti Maulidah, salah satu peserta seminar mengaku sangat terkesan dengan tema yang diangkat. Apalagi salah satu narasumbernya adalah gurunya saat (Madrasah Aliyah (MA).

“Acara ini sangat menyenangkan. Sebelumnya, saya pun berniat untuk mengikuti bedah buku itu. Sangat bermanfaat dan penting sekali bagi para jurnalis dan pemuda sekarang untuk lebih memperhatikan dan mempertahankan tanah warisan rakyat Sumenep yang dikenal dengan sebutan ‘Tanah Sangkol.'” Ungkap mahasiswi Hukum Keluarga Islam tersebut. (Activita, Siluman Pena)

Artikel ini telah dibaca 22 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ini Pesan Dekan Faud kepada Mahasiswa Terpilih untuk Program Penelitian dan PkM Internasional

4 April 2024 - 04:02 WIB

Sosialisasi Penelitian dan PkM Internasional Fakultas Ushuluddin dan Dakwah

Laksanakan Semarak Ramadhan Bersama UKK FPM FEBI: Upaya Menebar Hal Positif pada Masyarakat Sekitar

31 Maret 2024 - 16:06 WIB

Semarak Ramadhan Bersama UKK FPM FEBI

Ketua Dema Fakultas Tarbiyah Tuntut SK Asli, Wadek III Beri Tanggapan

31 Maret 2024 - 04:37 WIB

Ilustrasi foto dari https://pin.it/6MX4GFmZr

Penipuan Mengatasnamakan Dosen IAIN Madura, Beberapa Mahasiswa Telah Menjadi Korban

30 Maret 2024 - 03:29 WIB

Sumber foto: https://pin.it/1Jr4Mrhzk

Prodi HES Sukses Gelar Meet and Greet: Optimis Jadikan Madura Sebagai Hook Sentral Industri Halal Nasional

20 Maret 2024 - 03:45 WIB

Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Sukses Gelar Meet and Greet Bersama Ketua POSDHESI

UKK Pramuka Sajikan Hal Unik di Closing Dies Maulidiyah: Upaya Mengenalkan Budaya Daerah

16 Maret 2024 - 11:09 WIB

Closing Dies Maulidiyah XXXII UKK PRAMUKA IAIN Madura
Trending di Liputan Khusus