Menu

Mode Gelap
HMPS Ekonomi Syari’ah Adakan Entrepreneurship Workshop Semarak Bulan Bahasa, HMPS TBIN Adakan Pemilihan Duta Bahasa Indonesia IAIN Madura Gelar Pisah Sambut Kabiro AUAK IAIN Madura Tidak Masuk 3 Besar Kampus Terbaik di Madura Versi Kemendikbudristek RI Dianggap Tidak Mendidik, Konten IMTV Mendapat Kritikan

News · 26 Jul 2019 02:44 WIB ·

Posko 62 Olah Buah Siwalan Menjadi Dolan


 Posko 62 Olah Buah Siwalan Menjadi Dolan Perbesar

Terlihat: Proses pembuatan bahan dolan

IAIN Madura, Activita- Mahasiswa posko 62 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura lakukan pemberdayaan masyarakat dengan memanfaatkan buah siwalan menjadi produk Dodol Siwalan (Dolan) di Desa Lembung Timur, Kec. Lenteng, Kab. Sumenep. Jum’at (26/07/19).

Hasanuddin (PBA/7) Kordinator Desa (Kordes) posko 62 mengungkapkan, pembuatan dodol siwalan dalam Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) sudah disosialisasikan sejak Rabu (10/07/19) kemarin bersama masyarakat. “Sampai hari ini produk dolan masih terus dikembangkan dan dijual. Bahkan hari Selasa (23/07/19) kemarin, produk kami diuji coba oleh Pemkab (Pemerintah Kabupaten:red) Sumenep,” jelasnya.

Adanya produk dodol siwalan diharapkan bisa meningkatkan aset ekonomi masyarakat Desa Lembung Timur. “Semoga produk ini bisa menjadi modal baru bagi masyarakat yang memiliki keuntungan banyak. Sehingga dapat memperbaiki perokonomian masyarakat,” harap Kordes.

Selaras dengan itu, Elok Hidayah Putri (KPI/7) menuturkan, dodol ini dapat memberikan kesadaran kepada masyarakat terhadap adanya potensi terpendam di Desa Lembung Timur. “Semoga penghasilan dari produk ini dapat mengangkat taraf ekonomi masyarakat yang mayoritas menengah ke bawah,” harap mahasiswi semester 7 tersebut.

Pemanfaatan buah siwalan ini mendapat apresiasi langsung dari Faizah selaku Kepala Desa Lembung Timur. Ia mengungkapkan, pembuatan dodol siwalan merupakan hal yang positif bagi masyarakat Lembung Timur. “Pembuatan dodol ini harus dikembangkan dan ditindak lanjuti sebagai produk terbaru desa ini,” tegasnya.

Ia berharap, masyarakat dapat menyadari adanya potensi terpendam di Desa Lembung Timur. “Semoga masyarakat terus memanfaatkan buah siwalan sebagai potensi desa,” pungkasnya. (tri/mal)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Upgrading Kolaboratif dengan UIN Khas Jember, Ketua HMPS HTN IAIN MAdura: Terobosan Harus Dimulai Sejak Awal

22 Juni 2024 - 14:32 WIB

Upgrading Kolaboratif HMPS HTN IAIN Madura dengan HMPS UIN Khas Jember

HMPS PAI Tekankan Moderasi Beragama dalam Pelantikan, Ini Alasannya

22 Juni 2024 - 03:13 WIB

Pelantikan HMPS Prodi Pendidikan Agama Islam 2024-2025

HMPS dan IKA EKONOMI SYARI’AH Adakan Pelantikan Bersama, Kaprodi: Mari Sama-sama Berkolaborasi

18 Juni 2024 - 05:21 WIB

Pelantikan Kolaboratif HMPS dan IKA EKONOMI SYARI'AH

Launching UKK Baru, Fakultas Syariah Tingkatkan Kemampuan Mahasiswa Lewat UKK Lawrent

17 Juni 2024 - 11:38 WIB

Fakultas Syariah Launching UKK Baru, UKK LAWRENT

Training Kepengurusan HMPS MPI, Kaprodi Ingatkan Mahasiswa untuk Lebih Disiplin

14 Juni 2024 - 03:11 WIB

Training Kepengurusan HMPS MPI IAIN Madura

Ormawa Fakultas Tarbiyah Lakukan Audensi, Pihak Dekanat Beri Tanggapan

12 Juni 2024 - 05:43 WIB

Audensi Ormawa Terhadap Dekanat Fakultas Tarbiyah
Trending di Kabar Kampus