Menu

Mode Gelap
HMPS Ekonomi Syari’ah Adakan Entrepreneurship Workshop Semarak Bulan Bahasa, HMPS TBIN Adakan Pemilihan Duta Bahasa Indonesia IAIN Madura Gelar Pisah Sambut Kabiro AUAK IAIN Madura Tidak Masuk 3 Besar Kampus Terbaik di Madura Versi Kemendikbudristek RI Dianggap Tidak Mendidik, Konten IMTV Mendapat Kritikan

News · 25 Jul 2019 09:00 WIB ·

Posko 117 Gelar Pendampingan Pembuatan Vertikal Garden


 Posko 117 Gelar Pendampingan Pembuatan Vertikal Garden Perbesar

Antusias: Peserta dan warga saat pendampingan


IAIN Madura, Activita – Dalam masa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM), posko 117 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura lakukan pendampingan pemanfaatan botol bekas dalam pembuatan vertikal garden kepada masyarakat di Desa Buddagan, Kec. Pademawu, Kab. Pamekasan. Kamis (25/07/19).
Acara ini bekerjasama dengan dinas tanaman pangan, holtilurtura, dan perkebunan serta diikuti  oleh anggota dari Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Buddagan.
Zainal Arifin (PAI/7) selaku Kordinator Desa (Kordes) posko 117 mengungkapkan, vertikal garden salah satu program yang cocok untuk Desa Buddagan, karena ketika survei lokasi banyak limbah botol yang berserakan. “Banyaknya limbah botol membuat kami berinisiatif untuk memanfaatkan botol bekas menjadi sesuatu yang bermanfaat dan menyehatkan, seperti membuat vertikal garden ini,” jelasnya.
Selaras dengan itu, Layli Indah Nur Safitri (TBI/7) menuturkan, vertikal garden merupakan style penyusunan dan menghias taman. “Adanya vertikal garden ini juga dapat mengurangi panas bumi, sumber oksigen, dan menunjang keindahan serta kesegaran lingkungan,” ungkapnya.
Adanya vertikal garden di Desa Buddagan diharapkan dapat mengurangi jumlah sampah plastik di desa tersebut. “Semoga vertikal garden yang kami bangun di balai ini dapat menjadi inspirasi, menarik minat warga yang lain untuk membangunnya dirumah masing-masing,” harap mahasiswi Program Studi (Prodi) Tadris Bahasa Inggris (TBI) tersebut.
Kegiatan ini mendapat apresiasi langsung dari ibu PKK Desa Buddagan. Suaibah selaku ketua PKK Desa Buddagan mengatakan, pembuatan vertikal menjadi kegiatan yang positif untuk masyarakat buddagan, karena dapat membantu masyarakat dalam melestarikan dan memberdayakan taman. “Semoga pemberdayaan ini bisa berkelanjutan, sehingga dapat bermanfaat bagi anggota PKK dan masyarakat sebagai pengolahan yang dpat menghasilkan uang, seperti penjualan hasil dari sawi yang sudah di tanam tadi,” harapnya. (Tri/mal)
Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

HMPS dan IKA EKONOMI SYARI’AH Adakan Pelantikan Bersama, Kaprodi: Mari Sama-sama Berkolaborasi

18 Juni 2024 - 05:21 WIB

Pelantikan Kolaboratif HMPS dan IKA EKONOMI SYARI'AH

Launching UKK Baru, Fakultas Syariah Tingkatkan Kemampuan Mahasiswa Lewat UKK Lawrent

17 Juni 2024 - 11:38 WIB

Fakultas Syariah Launching UKK Baru, UKK LAWRENT

Training Kepengurusan HMPS MPI, Kaprodi Ingatkan Mahasiswa untuk Lebih Disiplin

14 Juni 2024 - 03:11 WIB

Training Kepengurusan HMPS MPI IAIN Madura

Ormawa Fakultas Tarbiyah Lakukan Audensi, Pihak Dekanat Beri Tanggapan

12 Juni 2024 - 05:43 WIB

Audensi Ormawa Terhadap Dekanat Fakultas Tarbiyah

Tunjukkan Kesolidan, Ormawa Fasya Gelar Pelantikan Raya

12 Juni 2024 - 01:17 WIB

pelantikan raya fakultas syari'ah 2024

Sema, Dema, dan UKK FPM FEBI Adakan Pelantikan Kolaboratif, Ini Tanggapan Pihak Fakultas Ekonomi dan Bisnis

10 Juni 2024 - 14:15 WIB

Pelantikan Kolaboratif Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Trending di Liputan Khusus