Menu

Mode Gelap
HMPS Ekonomi Syari’ah Adakan Entrepreneurship Workshop Semarak Bulan Bahasa, HMPS TBIN Adakan Pemilihan Duta Bahasa Indonesia IAIN Madura Gelar Pisah Sambut Kabiro AUAK IAIN Madura Tidak Masuk 3 Besar Kampus Terbaik di Madura Versi Kemendikbudristek RI Dianggap Tidak Mendidik, Konten IMTV Mendapat Kritikan

News · 2 Mei 2018 02:59 WIB ·

Pentas Drama Pendidikan, Inovasi Pembelajaran di Hari Pendidikan


 Pentas Drama Pendidikan, Inovasi Pembelajaran di Hari Pendidikan Perbesar

Diawasi; Ibu Ita (depan) menyimak aksi drama mahasiswa
IAINMadura-Rabu (2/5), tepat pada hari Pendidikan Nasional di ruang 26, ada yang berbeda dalam metode pembelajaran Sosiologi Pendidikan, Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (TIPS), pasalnya pada hari tersebut dilaksanakan pentas drama pendidikan, dengan tema “Guru Profesional dan Guru Tidak Profesional”.
Pemilihan drama dan tema, menurut Itaanis Tianah, dosen Pengampu Sosiologi Pendidikan, sangat cocok untk mahasisiwa. Hal ini disebabkan mahasiswa bisa langsung mempraktekan bagaimana guru yang profesional dan yang tidak, disebabkan mahasiswa TIPS merupakan calon guru.
“Sehingga nantinya bisa memberikan gambaran yang utuh, tentang sikap yang harus mereka lakukan ketika kelak menjadi seorang guru,” bebernya.

Ia melanjutkan, inovasi dalam metode pembelajaran perlu dilaksanakan, agar mampu melahirkan mahasiswa yang kreatif dan kaya talenta, sehingga tidak hanya lahir mahasiswa-mahasiswa teoritis.
“Dulu, saat saya kuliah, saya tahunya hanya tentang teori-teori, tidak pada gambaran nyata, sehingga kepekaan terhadap kondisi sosial disekitar itu minim,” kenangnya.
Ia berharap, dengan drama tersebut, mahasiswa bisa sadar bahwa dalam ilmu sosiologi, perilaku guru sangat berpengaruh terhadap sikap dan karakter siswa. sehingga teori-teori dalam Sosiologi Pendidikan mampu memberikan gambaran yang utuh dan melahirkan guru-guru yang profesional serta mempunyai tingkat kredibelitas tinggi, baik terhadap siswa maupun orangtua.
Semenrara itu, berlangsungnya pentas drama pendidikan tersebut mendapat apresiasi dari mahasiswa TIPS. Sipan, mahasiswa semester 4 kelas C menilai hal tersebut membantunya dalam menyadari tentang sikap dan posisi yang harus dilakukanya kelak ketika menjadi seorang guru.
“Palimg tidaknya, dari hal ini kami benar-benar memberikan gambaran bahwa tingkah laku guru itu akan mempengaruhi siswa. Jika seabelumya kan kemampuan dan pemahaman kami hanya seputar teori saja,” akunya.
Hal senada juga diungkapkan Sahira, mahasiswi semester 4 kelas A. Menurutnya dengan pentas drama tersebut mampu menigkatkan kreatifitas mahasiswa, selain menjadikan pembelajaran yang lebih menyenangkan.
“Dengan drama tersebut, mahasiswa yang tidak aktif itu bisa aktif, kan masing-masing mahasiswa itu mempunyai peran,” ungkapnya.
Ia berharap dengan drama guru profesional dan tidak profesional tersebut mahasiswa bisa mengambil hal-hal yang positif, serta berupaya menjauhi hal-hal yang negatif dari potret seorang guru. (KruVitapos)

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Goals Budayakan Literasi; Fradiksi IAIN Madura Sukses Laksanakan Train B KIP-K 2024

31 Desember 2024 - 12:03 WIB

Fradiksi IAIN MADURA 2024

Perbankan Syariah IAIN Madura Rayakan Anniversary Ke-15

29 Desember 2024 - 13:24 WIB

Hari Lahir Perbankan Syariah

Penguatan Komitmen di HARLAH PSBD yang ke 4

21 Desember 2024 - 14:14 WIB

Hari Lahir Ke-4 PSBD 2024

Ini Dia Harapan Wisudawan Terbaik terhadap UIN Madura ke Depan

10 Desember 2024 - 06:23 WIB

Lulusan Terbaik IAIN Madura 2024

Penjagaan Kurang Ketat, Sepeda Mahasiswa IAIN Madura Raib 

9 Desember 2024 - 08:17 WIB

Pencurian Sepeda Motor

PGMI Adakan Diklat Guna Bekal Bersaing Jadi Guru Profesional 

8 Desember 2024 - 13:05 WIB

Diklat PGMI 2024
Trending di Liputan Khusus