Menu

Mode Gelap
HMPS Ekonomi Syari’ah Adakan Entrepreneurship Workshop Semarak Bulan Bahasa, HMPS TBIN Adakan Pemilihan Duta Bahasa Indonesia IAIN Madura Gelar Pisah Sambut Kabiro AUAK IAIN Madura Tidak Masuk 3 Besar Kampus Terbaik di Madura Versi Kemendikbudristek RI Dianggap Tidak Mendidik, Konten IMTV Mendapat Kritikan

News · 24 Okt 2019 03:53 WIB ·

Peduli Sesama, HMPS TBIN Buka Aksi Donor Darah


 Peduli Sesama, HMPS TBIN Buka Aksi Donor Darah Perbesar

Berlangsung proses penyedotan darah dari para pendonor

IAIN Madura, Activita- Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Bahasa Indonesia (TBIN) gelar aksi donor darah, Rabu (23/10) di Auditorium Fakultas Tarbiyah IAIN Madura.

Kegiatan kedua dari beberapa agenda Semarak Peringatan Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa ini bekerja sama dengan Unit Tranfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pamekasan. Ada sekitar 40 pendonor yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Terdiri dari mahasiswa TBIN, mahasiwa Prodi lain, serta beberapa dosen dan karyawan.

Abd. Hannan selaku ketua panitia menuturkan bahwa acara ini tidak lain agar mahasiswa mempunyai kepedulian terhadap sesama. “Agar kita sadar bahwa banyak orang yang membutuhakan darah kita. Barangkali ini akan menjadi amal yang dibawa hingga akhir hayat,” ujar mahasiswa TBIN semester tiga tersebut.

Senada dengannya, Ahmad Muammil (TBIN/5) Ketua HMPS TBIN mengungkapkan, acara ini semata-mata dalam rangka memperingati semarak sumpah pemuda, serta meningkatkan jiwa sosial mahasiswa TBIN akan pentingnya berbagi. “Semoga apa yang telah disumbangsihkan kita kepada orang lain dapat bermanfaat,” harapnya.

Acara ini merupakan acara tahunan yang diadakan HMPS TBIN. Moh. Hafid Effendy Kaprodi TBIN menuturkan, acara ini sebagai motivasi bagi mahasiswa-mahasiswa TBIN untuk mendonorkan darahnya. “Karena nyumbang sesuatu itu tidak harus materi. Darah itu sangat berharga dan kita jangan berpikir darah itu dihargai berapa, itu urusan akhirat,” jelasnya saat ditemui reporter Activita usai mendonorkan darahnya.

Selain bermanfaat bagi orang lain, mendonorkan darah juga bermanfaat terhadap diri sendiri. “Ketika sel-sel darah yang rusak itu diambil, akan ada pembentukan sel baru nantinya. Makanya, orang yang sudah berdonor biasanya terlihat sehat,” ungkap Samsul Mu’arif, selaku Pelaksana Pelestari Donor Darah Sukarela (P2D2S) UTD PMI Kabupaten Pamekasan.

Salah seorang pendonor, Masrifah (TBIN/5) mengatakan, kegiatan tersebut bisa jadi ajang shadaqah. “Ingin shadaqoh darah. Dengan ini kan juga ikut membantu orang banyak,” ungkapnya.

Tidak jauh berbeda, Akbar (TBIN/1) juga mengungkapkan, kegiatan ini sebagai wujud kepedulian terhadap sesama. “Agar orang sakit di Indonesia tidak semakin bertambah,” terangnya.

Artikel ini telah dibaca 9 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bekali Mahasiswa dengan Digital Infulence Mufassir dan Muhaddis, Prodi IQT Adakan KMQ Ke VII

7 Juli 2024 - 04:12 WIB

Kaderisasi Mahasiswa Qur'an Hadist ke VII

Kontribusi Penuh! Pelantikan HMPS PIAUD Usung Tema Bangun Organisasi Berkualitas

5 Juli 2024 - 17:35 WIB

Pelantikan HMPS PIAUD 2024-2025

UKK FPM FEBI Sukseskan Opening Ceremony Dies Maulidiah Ke VII

1 Juli 2024 - 05:34 WIB

Opening Ceremony Dies Maulidiyah ke-VII

Keren, Ini Dia Pelantikan Raya Ormawa Fakultas Ushuluddin dan Dakwah

30 Juni 2024 - 10:52 WIB

Seminar sekaligus Pelantikan Ormawa Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Periode 2024-2025

Pengurus HMPS TBI Rayakan Pelantikan Sekaligus Harlah ke -17

30 Juni 2024 - 05:21 WIB

Pelantikan HMPS TBI IAIN Madura Periode 2023-2024

Pengurus HMPS TIPS Undang H. Her Sebagai Pemateri dalam Pelantikan

28 Juni 2024 - 16:10 WIB

Pelantikan Pengurus MPI 2024-2025
Trending di Kabar Kampus