Menu

Mode Gelap
HMPS Ekonomi Syari’ah Adakan Entrepreneurship Workshop Semarak Bulan Bahasa, HMPS TBIN Adakan Pemilihan Duta Bahasa Indonesia IAIN Madura Gelar Pisah Sambut Kabiro AUAK IAIN Madura Tidak Masuk 3 Besar Kampus Terbaik di Madura Versi Kemendikbudristek RI Dianggap Tidak Mendidik, Konten IMTV Mendapat Kritikan

News · 16 Jul 2019 02:04 WIB ·

Opening PIONIR IX, Duta IAIN Madura kenalkan Batik Sekkar Jagad Kepper.


 Opening PIONIR IX, Duta IAIN Madura kenalkan Batik Sekkar Jagad Kepper. Perbesar

Serasi : pasangan Kontingen duta kampus 

IAIN Madura, Activita – Pembukaan Pekan Ilmiah, Olahraga dan Riset (PIONER) IX, telah resmi di buka pada senin Malam (15/07).  Terekam, acara yang dihadiri langsung oleh 3500 Kontingen dari 58 Perguruan tinggi PTKIN tersebut, berjalan khidmatdan penuh antusias.

Salah satu kegiatan yang di tampilkan pada pembukaan tersebut  adalah Parade Kontingen PIONER IX. Menariknya, Beni Bastian dan Desi Dwi Amitha

Kontingen duta Kampus  IAIN Madura memperkenalkan Batik Sekkar Jagad Kepper didepan para Mentri, Rektor dan Peserta PIONIR IX se-Indonesia.

Beni Bastian selaku duta IAIN Madura menuturkan, dirinya mengenakan Batik sekkar Jagad Kepper untuk memperkenalkan batik Khas dari Madura. “Kami berdua memakai baju bangsawan dengabn batik Sekkar Jagad Kepper tiada lain untuk memperkenalkan batik khas dari Madura khususnya batik Pamekasan,” tuturnya.

Lebih lanjut, ia menambahkan, Pakaian yang ia pakai mempunyai makna tersendiri. “Baju dan Odheng (Red: Topi ala Madura) kami pakai Batik sekkar Jagad Kepper. Nah, Batik Sekkar Jagad itu mempunyai arti walaupun banyak perbedaan tapi tetap satu tujuan sedangkan kepper (Red: kupu-kupu) yang berarti indah. Dibatiknya itu ada keppernya mas,” imbuhnya.

Mahasiswa Perbangkan Syariah itu berharap, dengan memakai pakaian itu bisa meraih sesuai filosofisnya. “Sedangkan baju bangsawan itu dulunya digunakan oleh raja yang notabelnya masuk bangsawan. Semoga nanti kami juga bisa meraih makna Filosofis itu sendiri sehingga kami menang pada kompetesi ini,” ucap pria asal Pamekasan itu.

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

UPZ Adakan Diklat, Warek II: Semoga Bisa Membantu UKT Mahasiswa

17 Februari 2024 - 02:06 WIB

Pembukaan PAB UPZ

Menjadi PU Perempuan Pertama LPM Activita: Mampukah Via Mewujudkan Visinya?

13 Februari 2024 - 04:15 WIB

LPM Activita

HMPS TIPS IAIN Madura Datangkan Rian Fahardhi pada Seminar Nasional 2023.

1 November 2023 - 11:03 WIB

HMPS TBIN IAIN Madura Hadirkan Peri Sandi Huizche di Seminar Nasional 2023

30 Oktober 2023 - 06:18 WIB

HMPS TBIN Sukses Menggelar Kirab Budaya

28 Oktober 2023 - 06:26 WIB

Memperingati Hari Lahir yang ke-5, UKK KSR PMI Adakan Lomba dengan Tema yang Berbeda.

26 September 2023 - 07:11 WIB

Trending di Kabar Kampus