Menu

Mode Gelap
HMPS Ekonomi Syari’ah Adakan Entrepreneurship Workshop Semarak Bulan Bahasa, HMPS TBIN Adakan Pemilihan Duta Bahasa Indonesia IAIN Madura Gelar Pisah Sambut Kabiro AUAK IAIN Madura Tidak Masuk 3 Besar Kampus Terbaik di Madura Versi Kemendikbudristek RI Dianggap Tidak Mendidik, Konten IMTV Mendapat Kritikan

News · 12 Mar 2019 00:50 WIB ·

Meriahkan Anniversary ke-5, Himpunan Mahasiswa MPI IAIN Madura Gelar Debat Pendidikan Se-Indonesia


 Meriahkan Anniversary ke-5, Himpunan Mahasiswa MPI IAIN Madura Gelar Debat Pendidikan Se-Indonesia Perbesar

Activita foto.

Activita- Dalam rangka memeriahkan anniversary yang ke-5, Himpunan Mahasiswa (Hima) Program Studi (Prodi) Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura menggelar “Kompetisi Debat Pendidikan Antar Mahasiswa Se-Indonesia” di Auditorium. Senin (11/03/2019).

Kompetisi yang mengangkat tema “Kritisi Pendidikan: Antara Harapan dan Tantangan Menuju Indonesia Emas 2045” diikuti oleh 22 team dari Universitas di seluruh Indonesia dan  juri lomba yang mendatangkan langsung  dari akdemisi kampus, dinas pendidikan Pamekasan, dan jurnalis media Indonesia.

Sebelumnya acara ini dibuka dengan Openning Ceremony yang dilaksanakan pukul 08.00 WIB serta dihadiri langsung oleh Rektor IAIN Madura, Dekan Fakultas Tarbiyah, Ketua Prodi MPI dan beberapa dosen MPI serta peserta debat dari beberapa Universitas di Indonesia.

Syaiful Bahri Koordinator lomba mengatakan, diadakannya lomba ini untuk mengembangkan karakter pendidikan bangsa sehingga bisa melahirkan insan akademis yang kritis terhadap pendidikan Indonesia dan mampu mengawal kebijakan pemerintah.

“Bagaimana caranya dengan adanya lomba ini bisa membentuk insan akademis yang kritis dan dapat mengawal kebijakan pemerintah mengenai pendidikan serta meningkatkan konstribusi mahasiswa terhadap dunia dan problem pendidikan,” Ujarnya.

Sementara itu, Afif Fariqi selaku ketua HIMA MPI membeberkan diadakannya lomba ini selain untuk merayakan harlah juga merupakan wadah untuk dapat bersilaturahmi dengan mahasiswa se-Indonesia.

“Pertama lomba debat ini untuk memeriahkan kemilau Anniversary 5th Manajemen Pendidikan Islam, kedua ini merupakan wadah untuk kita dapat bersilaturahmi dengan mahasiswa di seluruh indonesia dan yang terakhir ini merupakn slah satu permintaan dari rektor IAIN Madura untuk bisa menjadi tuan rumah lomba debat pendidikan se-Indonesia,” ungkapnya.

Ketua panitia berharap, dengan adanya lomba ini bisa menjadi sebuah solusi yang solutif terhadap problem-problem yang lagi marak di Indonesia.

“Harapan saya diadakannya lomba ini bukan semerta-merta dijadikan sebagai kontestasi semata dan bukan hanya dijadikan sebagai ajang perdebatan semata atau adu argumen, akan tetapi bagaimana caranya event ini menjadi sebuah solusi anak bangsa.” Imbuh Mahasiswa semester 4 tersebut.

Afif juga berharap semoga dengan adanya acara ini mahasiswa MPI pada khususnya dan mahasiswa IAIN madura pada umumnya mampu meningkatkan kualitas diri.

“Harapan besar kami dengan adanya acara ini MPI IAIN Madura ke depan semakin progresive, empoweristoc, competitive.” Imbuhnya.

Sementara itu, Syahrun Nisa selaku peserta delegasi Universitas Sumatera Utara (USU) sangat mengapresiasi dengan digelarnya lomba debat tersebut. Mahasiswa fakultas  Administrasi Publik itu juga mengaku dirinya sangat salut terhadap himpunan mahasiswa MPI. “Keren, sekelas himpunan mahasiswa di jurusan bisa mengadakan lomba debat nasional.” Ungkap Nisa.

Nisa juga  mengucapkan banyak berterimakasih pada HIMA MPI yang telah memberi pelayanan selama ada di Madura. “Panitianya terstruktur dengan  kegiatan kegiatan yang diatur sedekikian rupa, sampai kami diizinkan nginap di salah satu rumah panitia karena kami paling jauh jadi kami datang paling awal untuk mempersiapkan, kami sampai di Madura hari Jum’at sore,” Ucapnya sambil senyum pada wartawan Activita. (Khls, Tri, Wsk, Hkm)

Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bekali Mahasiswa dengan Digital Infulence Mufassir dan Muhaddis, Prodi IQT Adakan KMQ Ke VII

7 Juli 2024 - 04:12 WIB

Kaderisasi Mahasiswa Qur'an Hadist ke VII

Kontribusi Penuh! Pelantikan HMPS PIAUD Usung Tema Bangun Organisasi Berkualitas

5 Juli 2024 - 17:35 WIB

Pelantikan HMPS PIAUD 2024-2025

UKK FPM FEBI Sukseskan Opening Ceremony Dies Maulidiah Ke VII

1 Juli 2024 - 05:34 WIB

Opening Ceremony Dies Maulidiyah ke-VII

Keren, Ini Dia Pelantikan Raya Ormawa Fakultas Ushuluddin dan Dakwah

30 Juni 2024 - 10:52 WIB

Seminar sekaligus Pelantikan Ormawa Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Periode 2024-2025

Pengurus HMPS TBI Rayakan Pelantikan Sekaligus Harlah ke -17

30 Juni 2024 - 05:21 WIB

Pelantikan HMPS TBI IAIN Madura Periode 2023-2024

Pengurus HMPS TIPS Undang H. Her Sebagai Pemateri dalam Pelantikan

28 Juni 2024 - 16:10 WIB

Pelantikan Pengurus MPI 2024-2025
Trending di Kabar Kampus