Menu

Mode Gelap
HMPS Ekonomi Syari’ah Adakan Entrepreneurship Workshop Semarak Bulan Bahasa, HMPS TBIN Adakan Pemilihan Duta Bahasa Indonesia IAIN Madura Gelar Pisah Sambut Kabiro AUAK IAIN Madura Tidak Masuk 3 Besar Kampus Terbaik di Madura Versi Kemendikbudristek RI Dianggap Tidak Mendidik, Konten IMTV Mendapat Kritikan

News · 1 Agu 2019 14:52 WIB ·

Menjelang Idul Adha, Kompas IAIN Madura Lakukan Rukyatul Hilal


 Menjelang Idul Adha, Kompas IAIN Madura Lakukan Rukyatul Hilal Perbesar

Fokus : Kompas saat melakukan rukyatul Hilal

IAIN Madura, Activita – Untuk menentukan awal bulan Dzulhijjah 1440 H dan mengetahui penetapan hari raya Idul Adha 2019, Komunitas Pelajar Astronomi (KOMPAS) IAIN Madura melakukan Rukyatul Hilal di Observatorium IAIN Madura. Kamis, (01/08/19).

Kegiatan yang dimulai pada pukul 16.00 WIB ini dihadiri oleh badan Hisab Rukyat (BHR) Pamekasan, Lembaga Falakiyah (LB) Bata-bata, LB Guluk-guluk, dan diikuti oleh anggota Komunitas Pelajar Astronomi (Kompas) IAIN Madura, mahasiswa Hukum Keluarga Islam (HKI) serta mahasiswa Hukum Ekonomi Syariah (HES).

Ketua Pusat Falakiyah IAIN Madura Mohammad Hosen mengatakan, kegitan ini dilakukan sebagai pembelajaran kepada mahasiwa untuk mengetahui teknik rukyatul hilal. Ia mengaku tidak pernah berhenti mencoba meskipun terlalu sering mengalami kegagalan melihat bulan. “Berhubung ketinggian hilal saat ini hanya 3 derajat seperti biasa kalau di daerah Jawa dan Madura memang sulit kelihatan, apa lagi sekarang awan di ufuk itu agak tebal.” Tutur Pak Hosen, sapaan akrabnya.

Ia juga menyatakan bahwa pihaknya harus menunggu informasi dari Aceh, sebab semakin dekat daerah yang melihat maka semakin tinggi pula keberadaan hilal. “Tidak bisa dipastikan kalau di sini. Selain mendung jarak bulan dan matahati sekarang dekat sekali.” Imbuh dosen Fakuktas Syariah itu.

Sementara itu, Moh. Azmi anggota Kompas memberikan apresiasi terhadap acara ini. Ia mengaku bisa mendapatkan ilmu baru selain ilmu falak yang ada di prodinya.
“Sangat bagus, untuk keilmuan prodi dibawah naungan Fakultas Syariah. Dimana tadi diajari tentang cara meneropong, alat-alat meneropong dan benda-benda langit. Dan khususnya untuk prodi AHS, aplagi di dalam prodi AHS ini ada makul Ilmu Falak 1&2.” Tutur mahasiswa semester 5 itu. (Sin)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

HMPS dan IKA EKONOMI SYARI’AH Adakan Pelantikan Bersama, Kaprodi: Mari Sama-sama Berkolaborasi

18 Juni 2024 - 05:21 WIB

Pelantikan Kolaboratif HMPS dan IKA EKONOMI SYARI'AH

Launching UKK Baru, Fakultas Syariah Tingkatkan Kemampuan Mahasiswa Lewat UKK Lawrent

17 Juni 2024 - 11:38 WIB

Fakultas Syariah Launching UKK Baru, UKK LAWRENT

Training Kepengurusan HMPS MPI, Kaprodi Ingatkan Mahasiswa untuk Lebih Disiplin

14 Juni 2024 - 03:11 WIB

Training Kepengurusan HMPS MPI IAIN Madura

Ormawa Fakultas Tarbiyah Lakukan Audensi, Pihak Dekanat Beri Tanggapan

12 Juni 2024 - 05:43 WIB

Audensi Ormawa Terhadap Dekanat Fakultas Tarbiyah

Tunjukkan Kesolidan, Ormawa Fasya Gelar Pelantikan Raya

12 Juni 2024 - 01:17 WIB

pelantikan raya fakultas syari'ah 2024

Sema, Dema, dan UKK FPM FEBI Adakan Pelantikan Kolaboratif, Ini Tanggapan Pihak Fakultas Ekonomi dan Bisnis

10 Juni 2024 - 14:15 WIB

Pelantikan Kolaboratif Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Trending di Liputan Khusus