Menu

Mode Gelap
HMPS Ekonomi Syari’ah Adakan Entrepreneurship Workshop Semarak Bulan Bahasa, HMPS TBIN Adakan Pemilihan Duta Bahasa Indonesia IAIN Madura Gelar Pisah Sambut Kabiro AUAK IAIN Madura Tidak Masuk 3 Besar Kampus Terbaik di Madura Versi Kemendikbudristek RI Dianggap Tidak Mendidik, Konten IMTV Mendapat Kritikan

News · 24 Jan 2019 07:23 WIB ·

Mengisi Moment Liburan, Prodi TIPS Menggelar Pelatihan Penyusunan RPP


 Mengisi Moment Liburan, Prodi TIPS Menggelar Pelatihan Penyusunan RPP Perbesar

Antusias, Peserta pelatihan  penyusunan pembelajaran IPS menyimak pemateri.

IAIN Madura- Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (Prodi TIPS) menggelar Pelatihan Penyusunan Pembelajaran IPS di Auditorium Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura. Kamis, (24/01).

Pelatihan yang telah dilaksanakan ke-2 kalinya ini diisi langsung oleh Siti Jukhairiyah selaku pengurus Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPS SMP Kabupaten Pamekasan. Acara ini juga dihadiri oleh Ketua dan Sekretaris Jurusan Tarbiyah, Ketua Prodi Tadris IPS, Ketua Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), dan beberapa dosen Tadris IPS.

Siti Azizah selaku Ketua Prodi TIPS sekaligus moderator dalam acara tersebut memaparkan bahwa salah satu kesulitan mahasiswa pendidikan adalah dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Meskipun ada mata kuliah tertentu yang menjelaskan tentang RPP, tapi tidak semua mahasiswa memahami secara mendalam, karena batasan alokasi waktu. “Maka, disela-sela liburan ini Prodi Tadris IPS mengadakan acara pelatihan ini,” jelasnya.

Diadakannya pelatihan ini sebagai bekal bagi mahasiswa Tadris IPS sebelum melakukan Praktek Mengajar (PM) di sekolah-sekolah. “Pelatihan ini memang dikhususkan untuk mahasiswa Tadris IPS semester 6 yang akan menghadapi PM,” tambah Ketua Prodi Tadris IPS tersebut.

Pelaksanaan pelatihan mendapat tanggapan dari Ketua Jurusan Tarbiyah, Edi Susanto memaparkan bahwa pelatihan ini sebagai langkah awal mahasiswa sebelum melakukan suatu pembelajaran. Sehingga, ketika terjun kelapangan mahasiswa dapat mengemas pelajaran dengan baik. “Saya berharap setelah pelatihan ini, selaku mahasiswa IAIN Madura, Prodi Tadris IPS mampu menjadi sosok yang melopori bagi yang lain,” harapnya.

Evi Fitriyani, mahasiswi Tadris IPS semester 6 mengungkapkan bahwa adanya pelatihan ini mahasiswa bisa membedakan dan membandingkan pelajaran RPP yang ada di kampus. Sehingga bisa membantu mahasiswa Tadris IPS untuk memahami dan mendalami penyusunan RPP. “Saya berharap mahasiswa Tadris IPS lebih paham tentang RPP dan siap terjun ke masyarakat atau sekolah dan bisa bermanfaat juga,” tuturnya. (tri)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ormawa Fakultas Tarbiyah Lakukan Audensi, Pihak Dekanat Beri Tanggapan

12 Juni 2024 - 05:43 WIB

Audensi Ormawa Terhadap Dekanat Fakultas Tarbiyah

Tunjukkan Kesolidan, Ormawa Fasya Gelar Pelantikan Raya

12 Juni 2024 - 01:17 WIB

pelantikan raya fakultas syari'ah 2024

Sema, Dema, dan UKK FPM FEBI Adakan Pelantikan Kolaboratif, Ini Tanggapan Pihak Fakultas Ekonomi dan Bisnis

10 Juni 2024 - 14:15 WIB

Pelantikan Kolaboratif Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Adakan Pekan Berkah 2024, UPZ IAIN Madura Sertakan Bazar dalam Rentetan Kegiatan

10 Juni 2024 - 01:50 WIB

Pekan Berkah UPZ IAIN Madura

Dilantik Sebagai Wakil Dema I, Demisioner PU LPM Activita Minta Kampus Lakukan Perbaikan

8 Juni 2024 - 23:57 WIB

Wakil Presiden Mahasiswa IAIN Madura 2024-2025

Patut Dicontoh, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Libatkan Mahasiswa dalam Penelitian Internasional

7 Juni 2024 - 15:10 WIB

Tim Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Internasional, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah
Trending di Kabar Kampus