Menu

Mode Gelap
HMPS Ekonomi Syari’ah Adakan Entrepreneurship Workshop Semarak Bulan Bahasa, HMPS TBIN Adakan Pemilihan Duta Bahasa Indonesia IAIN Madura Gelar Pisah Sambut Kabiro AUAK IAIN Madura Tidak Masuk 3 Besar Kampus Terbaik di Madura Versi Kemendikbudristek RI Dianggap Tidak Mendidik, Konten IMTV Mendapat Kritikan

News · 1 Jul 2019 08:23 WIB ·

Libur Kuliah, Fakultas Syariah Luncurkan Program Pesantren Kilat


 Libur Kuliah, Fakultas Syariah Luncurkan Program Pesantren Kilat Perbesar

Khidmat : Pimpinan Fakultas Syariah gelar sosialisasi

IAIN Madura, Activita -Pasca libur perkuliahan sejak tanggal 23 Juni lalu, Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura kali ini meluncurkan program baru, yakni program pesantren kilat satu bulan mendalami Bahasa Arab di Pondok Pesantren Darul Lughah, Akkor Palengaan Pamekasan.

Selain itu, Fakultas Syariah juga menyediakan program Diklat Kompetensi Bahasa Arab dan Baca Kitab Kuning yang dilaksanakan di dalam kampus. Kegiatan ini akan berlangsung selama 10 kali pertemuan bagi mahasiswa yang tidak mengikuti program pesantren kilat.

Maimun selaku Dekan Fakultas Syariah mengatakan, sebenarnya program ini adalah investasi jangka panjang bagi mahasiswa lulusan Fakultas Syariah untuk menambah kompetensinya selain ilmu-ilmu syariah dan hukum. “Mereka harus punya kompetensi alat, yaitu bahasa Arab. Karena profil lulusan mereka adalah calon Hakim dan Advokad dimana salah satu kompetensi yang harus dimilikinya adalah bisa membaca kitab kuning.” Ungkap Maimun pada acara pembekalan dan penjelasan teknis pelaksanaan di gedung Multicenter Lt 2. Senin, (01/07/19) pagi.

Maimun juga menyatakan,  kesempatan ini adalah peluang emas bagi mahasiswa Fakultas Syariah untuk diikuti dengan seksama, pasalnya program ini tidak ia berikan ke semua semester. “Yang boleh ikut hanya mahasiswa semester 2 dan 4, kalau semester 6 sudah kadung jauh dan hampir mau selesai sehingga kami tidak mengganggu mereka.” Imbuhnya.

Sementara itu, K. Ach. Ghazali pengasuh Pondok Pesantren Darul Lughah mengatakan, pihaknya telah menyiapkan strategi khusus untuk melayani mahasiswa Fakultas Syariah selama satu bulan ke depan. “Kegiatannya dimulai jam 7.00 pagi sampai jam 9.30, istrahat dan mulai lagi sampai jam 11.00 untuk persiapan sholat Dzuhur. Kemudian ba’da Ashar mulai lagi sampai menjelang maghrib. Lalu ba’da maghrib sampai jam 9.00 malam. Tidur kemudian bangun lagi jam 2.00 untuk sholat Tahajjud.” Jelas K. Ach. Ghazali pada wartawan Activita.

Untuk diketahui, pembiayaan akomodasi program ini digratiskan selain kebutuhan yang sangat pribadi, seperti pakaian dan alat pribadi lainnya.
(Kholisin)

Artikel ini telah dibaca 13 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Upgrading Kolaboratif dengan UIN Khas Jember, Ketua HMPS HTN IAIN MAdura: Terobosan Harus Dimulai Sejak Awal

22 Juni 2024 - 14:32 WIB

Upgrading Kolaboratif HMPS HTN IAIN Madura dengan HMPS UIN Khas Jember

HMPS PAI Tekankan Moderasi Beragama dalam Pelantikan, Ini Alasannya

22 Juni 2024 - 03:13 WIB

Pelantikan HMPS Prodi Pendidikan Agama Islam 2024-2025

HMPS dan IKA EKONOMI SYARI’AH Adakan Pelantikan Bersama, Kaprodi: Mari Sama-sama Berkolaborasi

18 Juni 2024 - 05:21 WIB

Pelantikan Kolaboratif HMPS dan IKA EKONOMI SYARI'AH

Launching UKK Baru, Fakultas Syariah Tingkatkan Kemampuan Mahasiswa Lewat UKK Lawrent

17 Juni 2024 - 11:38 WIB

Fakultas Syariah Launching UKK Baru, UKK LAWRENT

Training Kepengurusan HMPS MPI, Kaprodi Ingatkan Mahasiswa untuk Lebih Disiplin

14 Juni 2024 - 03:11 WIB

Training Kepengurusan HMPS MPI IAIN Madura

Ormawa Fakultas Tarbiyah Lakukan Audensi, Pihak Dekanat Beri Tanggapan

12 Juni 2024 - 05:43 WIB

Audensi Ormawa Terhadap Dekanat Fakultas Tarbiyah
Trending di Kabar Kampus