Menu

Mode Gelap
HMPS Ekonomi Syari’ah Adakan Entrepreneurship Workshop Semarak Bulan Bahasa, HMPS TBIN Adakan Pemilihan Duta Bahasa Indonesia IAIN Madura Gelar Pisah Sambut Kabiro AUAK IAIN Madura Tidak Masuk 3 Besar Kampus Terbaik di Madura Versi Kemendikbudristek RI Dianggap Tidak Mendidik, Konten IMTV Mendapat Kritikan

Kabar Kampus · 26 Jun 2023 13:19 WIB ·

Lepas Peserta KPM 2023, Fakultas Tarbiyah Berikan Stimulan 100.000 Per Mahasiswa


 Lepas Peserta KPM 2023, Fakultas Tarbiyah Berikan Stimulan 100.000 Per Mahasiswa Perbesar

 

Activita.co.id- Fakultas Tarbiyah (FATAR) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura lepas peserta Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) 2023 di halaman Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Senin (26/06/2023).

Siswanto selaku Dekan Fakultas Tarbiyah menyampaikan bahwa KPM kali ini memiliki metode baru, yakni kegiatan pelepasan diadakan lebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pembekalan. Hal tersebut bertujuan agar mahasiswa Fakultas Tarbiyah yang melaksanakan KPM dapat lansung berangkat ke Posko atau Desa yang akan ditempati tanpa harus ke kampus terlebih dahulu. Dosen yang baru saja menerima status Guru Besar dari Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) tersebut juga berharap mahasiswa KPM serius dalam mengikuti serangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan.

“Jadikan semua ini pengalaman karena akan ada banyak hal baru yang akan kalian temukan di Desa yang akan kalian tempati,” harapnya.

Sementara itu, Fathul Khaliq selaku Dekan III Fakultas Tarbiyah sekaligus Koordinator pelaksana KPM menyampaikan bahwa terdapat 3 pendekataan dalam model pembekalan untuk KPM kali ini, yakni PAR (Participatory, Action, and Research), ABC (Asset, Base, Community Development), dan Soft Skill. Hal tersebut berkaitan dengan kenyataan di lapangan bahwa problematika banyak terjadi di masyarakat dan tugas mahasiswa untuk bisa menjawabnya. Dengan kata lain mahasiswa bukan hanya menjadi Social Change namun juga sebagai Social Impact yang berdampak banyak pada masyarakat.

Selain itu, Beliau juga menyampaikan bahwa setiap peserta Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) akan mendapat dana stimulan berjumlah RP 100.000/ mahasiswa untuk bisa di pergunakan sebaik-baiknya. Beliau juga berharap mahasiswa peserta Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) dapat menjadi promotor kampus serta dapat mengimplementasikan apa yang telah didapatkan dari kampus kepada masyarakat Desa.

“Saya berharap banyak pada mahasiswa KPM untuk bisa menjadi promotor kampus agar apa yang sudah dipelajari di kampus tidak sia-sia dan bisa diimplementasikan di masyarakat,” harapnya

Robiatul Al-Adawiyah selaku salah satu peserta Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) 2023 di Posko 36, Desa Palengaan Daya. Berharap agar semua rentetan kegiatan yang akan Ia hadapi dapat berjalan lancar sesuai apa yang mereka harapkan.

“Semoga semua lancar dari awal sampai akhir dan sesuai dengan apa yang kami harapkan,” harap mahasiswa Prodi Tadris Bahasa Inggris tersebut. (Zulfan/Activita)

Artikel ini telah dibaca 212 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ini Pesan Dekan Faud kepada Mahasiswa Terpilih untuk Program Penelitian dan PkM Internasional

4 April 2024 - 04:02 WIB

Sosialisasi Penelitian dan PkM Internasional Fakultas Ushuluddin dan Dakwah

Laksanakan Semarak Ramadhan Bersama UKK FPM FEBI: Upaya Menebar Hal Positif pada Masyarakat Sekitar

31 Maret 2024 - 16:06 WIB

Semarak Ramadhan Bersama UKK FPM FEBI

Ketua Dema Fakultas Tarbiyah Tuntut SK Asli, Wadek III Beri Tanggapan

31 Maret 2024 - 04:37 WIB

Ilustrasi foto dari https://pin.it/6MX4GFmZr

Penipuan Mengatasnamakan Dosen IAIN Madura, Beberapa Mahasiswa Telah Menjadi Korban

30 Maret 2024 - 03:29 WIB

Sumber foto: https://pin.it/1Jr4Mrhzk

Prodi HES Sukses Gelar Meet and Greet: Optimis Jadikan Madura Sebagai Hook Sentral Industri Halal Nasional

20 Maret 2024 - 03:45 WIB

Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Sukses Gelar Meet and Greet Bersama Ketua POSDHESI

UKK Pramuka Sajikan Hal Unik di Closing Dies Maulidiyah: Upaya Mengenalkan Budaya Daerah

16 Maret 2024 - 11:09 WIB

Closing Dies Maulidiyah XXXII UKK PRAMUKA IAIN Madura
Trending di Liputan Khusus