Menu

Mode Gelap
HMPS Ekonomi Syari’ah Adakan Entrepreneurship Workshop Semarak Bulan Bahasa, HMPS TBIN Adakan Pemilihan Duta Bahasa Indonesia IAIN Madura Gelar Pisah Sambut Kabiro AUAK IAIN Madura Tidak Masuk 3 Besar Kampus Terbaik di Madura Versi Kemendikbudristek RI Dianggap Tidak Mendidik, Konten IMTV Mendapat Kritikan

News · 21 Feb 2022 10:20 WIB ·

KSEI JEBIS IAIN Madura Menggelar Turun Desa dan Tour Lembaga


 KSEI JEBIS IAIN Madura Menggelar Turun Desa dan Tour Lembaga Perbesar


IAIN Madura, LPM Activita – Sebagai wujud pengamalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, anggota Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) Jurusan Ekonomi dan Bisnis Islam (JEBIS) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang dikemas dalam kegiatan Turun Desa dan Tour Lembaga (TDTL) di Desa Panaguan, Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan. Senin (21/02/22)

Kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal 15-19 Februari 2022 dengan mengangkat tema “Satu Asa Menuju Sejuta Perubahan”. Terdapat kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan, mulai dari bersih-bersih balai desa, shalat berjamaah di masjid, sosialisasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) oleh Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Pamekaaan, pembuatan produk keripik jagung bersama ibu-ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) serta turut mentransfer ilmu dan pengalaman di lembaga pendidikan.

Ahmadullah selaku ketua panitia pelaksana TDTL menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian fokus pada pengembangan UMKM serta pendidikan yang berada di Desa Panaguan.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengamalkan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Maka dari itu, selain mahasiswa mengikuti pendidikan formal juga memiliki tanggung jawab melakukan pengabdian kepada masyarakat,” ucapnya.

Berdasarkan kegitan tersebut, terdapat respon positif dari masyarakat.

“Saya sangat senang karena Desa Panaguan di pilih sebagai tempat pengabdian oleh KSEI JEBIS IAIN Madura. Saya harap dari kegiatan ini bisa memberikan dampak luas bagi adik-adik mahasiswa dan pada masyarakat Desa Panaguan khususnya. Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagu kita semua,” ucap salah seorang perangkat desa yang berada di balai Desa Panaguan.

Abdur Rohman Al Hadifi selaku direktur utama KSEI JEBIS menyampaiakan, “KSEI JEBIS memiliki harapan besar pasca di adakannya pengabdian, yaitu masyarakat bisa menerapkan pelatihan-pelatihan dan sosialisasi yang telah dilakukan. Selanjutnya, lebih memaksimalkan potensi desa yang dapat mengembangkan UMKM agar lebih progres untuk masa jangka panjang guna pemberdayaan ekonomi masyarakat kedepan,” tuturnya. (Activita)

Artikel ini telah dibaca 22 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ini Pesan Dekan Faud kepada Mahasiswa Terpilih untuk Program Penelitian dan PkM Internasional

4 April 2024 - 04:02 WIB

Sosialisasi Penelitian dan PkM Internasional Fakultas Ushuluddin dan Dakwah

Laksanakan Semarak Ramadhan Bersama UKK FPM FEBI: Upaya Menebar Hal Positif pada Masyarakat Sekitar

31 Maret 2024 - 16:06 WIB

Semarak Ramadhan Bersama UKK FPM FEBI

Ketua Dema Fakultas Tarbiyah Tuntut SK Asli, Wadek III Beri Tanggapan

31 Maret 2024 - 04:37 WIB

Ilustrasi foto dari https://pin.it/6MX4GFmZr

Penipuan Mengatasnamakan Dosen IAIN Madura, Beberapa Mahasiswa Telah Menjadi Korban

30 Maret 2024 - 03:29 WIB

Sumber foto: https://pin.it/1Jr4Mrhzk

Prodi HES Sukses Gelar Meet and Greet: Optimis Jadikan Madura Sebagai Hook Sentral Industri Halal Nasional

20 Maret 2024 - 03:45 WIB

Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Sukses Gelar Meet and Greet Bersama Ketua POSDHESI

UKK Pramuka Sajikan Hal Unik di Closing Dies Maulidiyah: Upaya Mengenalkan Budaya Daerah

16 Maret 2024 - 11:09 WIB

Closing Dies Maulidiyah XXXII UKK PRAMUKA IAIN Madura
Trending di Liputan Khusus