Menu

Mode Gelap
HMPS Ekonomi Syari’ah Adakan Entrepreneurship Workshop Semarak Bulan Bahasa, HMPS TBIN Adakan Pemilihan Duta Bahasa Indonesia IAIN Madura Gelar Pisah Sambut Kabiro AUAK IAIN Madura Tidak Masuk 3 Besar Kampus Terbaik di Madura Versi Kemendikbudristek RI Dianggap Tidak Mendidik, Konten IMTV Mendapat Kritikan

News · 14 Okt 2018 23:04 WIB ·

KEMBANGKAN BUDAYA LITERASI, UKK LPM ACTIVITA TERBITKAN MAJALAH


 KEMBANGKAN BUDAYA LITERASI, UKK LPM ACTIVITA TERBITKAN MAJALAH Perbesar

Terlihat, Mahasiswa bagikan majalah Activita 

IAIN Madura- UKK (Unit Kegiatan Khusus) LPM (Lembaga Pers Mahasiswa) Activita melangsungkan pendistribusian majalah activita kepada mahasiswa  di Gazebo IAIN Madura.  Sabtu, (13/10/18).

Majalah activita merupakan salah satu program UKK LPM Activita sebagai sarana pengembangan minat baca mahasiswa. Pendistribusian dilakukan selama lima hari, mulai hari Selasa hingga Sabtu.
Terbitan kali ini majalah activita telah memasuki edisi ke XXIV, dengan tema “Apa Kabar Impor Garam Pamekasan?,” yang tentunya membahas tentang impor garam yang terjadi di Indonesia beberapa waktu lalu. Selain itu, dalam majalah tersebut juga terdapat beberapa rubrik yang menarik untuk dibaca, seperti aspirasi mahasiswa, artikel, opini, cerpen, puisi, dan masih banyak lainnya.

Umarul Faruq selaku pimpinan umum UKK LPM Activita periode 2018-2019 memaparkan bahwa, kurangnya penghargaan untuk majalah LPM (Lembaga Pers Mahasiswa) bukanlah suatu masalah untuk para pengurus karena majalah tersebut hak mahasiswa. “Tugas kita adalah memfasilitasi dan menyediakan bacaan seperti majalah Activita ini”, paparnya.
Salah satu tujuan dari pendistribusian ini adalah meningkatkan budaya literasi di kampus IAIN Madura. Selain itu, pendistribusian majalah activita merupakan amanah dari pihak kampus, sehingga pengurus harus intens mengisi media online dan cetak yang disediakan.
Memasuki hari terakhir pendistribusian majalah, diperkirakan sudah sekitar 300 majalah yang berhasil didistribusikan sejak pagi hingga siang. “jika diperkirakan, sudah hampir 75% majalah berhasil didistribusikan kepada seluruh mahasiswa,” tegas Umarul Faruk.

Pada dasarnya, kuantitas majalah yang ada tidak harus didistribusikan semua, karena sebagai arsipan bagi pengurus LPM. Selain itu, juga di sebarkan ke luar kampus IAIN Madura karena Sasaran dari LPM Activita tidak hanya mahasiswa, melainkan ada orang terkait yang telah diwawancarai tempo hari, seperti dinas.

Pendistribusian majalah activita mendapat  komentar positif dari salah satu Mahasiswa Prodi TIPS/3, Davik Akbar berkata “saya sangat mengapresiasi  adanya pendistribusian majalah LPM tanpa ada pungutan biaya, karena dengan ini dapat  meningkatkan budaya baca mahasiswa.” Namun, kendala yang dihadapi saat ini adalah minimnya budaya baca dikalangan mahasiswa.

Senada dengan itu, Ahmad Mustofa mahasiswa Tadris IPS semester 3 juga memberikan komentar terkait dengan penerbitan dan pendistribusian majalah activita. “Sebenarnya penerbitan majalah activita sangat bagus untuk meningkatkan minat baca mahasiswa. Hanya saja, kurangnya media visual dalam majalah tersebut masih kurang. Sehingga, daya tarik mahasiswa untuk membaca masih kurang,” tututnya.

Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bekali Mahasiswa dengan Digital Infulence Mufassir dan Muhaddis, Prodi IQT Adakan KMQ Ke VII

7 Juli 2024 - 04:12 WIB

Kaderisasi Mahasiswa Qur'an Hadist ke VII

Kontribusi Penuh! Pelantikan HMPS PIAUD Usung Tema Bangun Organisasi Berkualitas

5 Juli 2024 - 17:35 WIB

Pelantikan HMPS PIAUD 2024-2025

UKK FPM FEBI Sukseskan Opening Ceremony Dies Maulidiah Ke VII

1 Juli 2024 - 05:34 WIB

Opening Ceremony Dies Maulidiyah ke-VII

Keren, Ini Dia Pelantikan Raya Ormawa Fakultas Ushuluddin dan Dakwah

30 Juni 2024 - 10:52 WIB

Seminar sekaligus Pelantikan Ormawa Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Periode 2024-2025

Pengurus HMPS TBI Rayakan Pelantikan Sekaligus Harlah ke -17

30 Juni 2024 - 05:21 WIB

Pelantikan HMPS TBI IAIN Madura Periode 2023-2024

Pengurus HMPS TIPS Undang H. Her Sebagai Pemateri dalam Pelantikan

28 Juni 2024 - 16:10 WIB

Pelantikan Pengurus MPI 2024-2025
Trending di Kabar Kampus