Menu

Mode Gelap
HMPS Ekonomi Syari’ah Adakan Entrepreneurship Workshop Semarak Bulan Bahasa, HMPS TBIN Adakan Pemilihan Duta Bahasa Indonesia IAIN Madura Gelar Pisah Sambut Kabiro AUAK IAIN Madura Tidak Masuk 3 Besar Kampus Terbaik di Madura Versi Kemendikbudristek RI Dianggap Tidak Mendidik, Konten IMTV Mendapat Kritikan

News · 16 Nov 2019 04:02 WIB ·

Jurnal Al-Ihkam Fakultas Syari’ah IAIN Madura Raih Anugerah Konstitusi Terbaik 2019


 Jurnal Al-Ihkam Fakultas Syari’ah IAIN Madura Raih Anugerah Konstitusi Terbaik 2019 Perbesar

Sederet penerima anugerah Jurnal terbaik oleh MK RI

Lpm Activita- Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia bekerjasama dengan Kementrian Agama dan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI) menyelenggarakan Malam Anugerah Konstitusi yang Bertempat di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Jum’at
(15/12/19 ).

Acara tersebut dihadiri oleh Menteri Agama  RI, Bapak Jend. Fahrurozi, mantan ketua MK  Jimly Assiddiqi, bersama ketua Mahkamah Konstitusi serta beberapa Hakim MK lainnya.

Dalam sambutannya Ketua MK RI mengajak semua elemen bangsa Indonesia untuk turut serta menjaga dan menegakan nilai-nilai konstitusi.

Senada dengan ketua MK, menteri agama Fahrurrozi juga meminta semua elemen bangsa untuk memelihara kesatuan dan persatuan bangsa dengan selalu mengedepankan nilai-nilai pancasila dan undang-undang dasar (UUD NKRI 1945).

Terpilih sebagai anugerah terbaik pertama jurnal yang turut serta mengawal nilai-nilai konsitusi adalah Jurnal Al-Ihkam Fakultas Syari’ah  IAIN Madura. Sedangkan anugrah terbaik kedua diraih oleh Jurnal Arena Hukum Fakultas Hukum Universiras Brawijaya Malang.

Dalam sambutannya, Achmad Faidi salah satu pengelola di Jurnal Al-Ihkam IAIN Madura mengatakan,  konstitusi merupakan sebuah dokumen agung bangsa Indonesia yang perlu kita jaga dan rawat bersama untuk menangkal virus-virus idiologi ekstrim yang jauh menyimpang dari nilai-nilai budaya bangsa kita. “Oleh sebab itu, kami selalu berkomitmen untuk turut mangawal dan menyebarluaskan nilai-nilai konstitusi melalui artikel-artikel ilmiah terpilih yang kami publis di jurnal kami di Fakultas Syari’ah  IAIN Madura. Seperti salah satu artikel yang berjudul, “Kekhalifahan dan Konstruksi Budaya Politik  Arab,” jelasnya.

Artikel ini untuk meluruskan pemahaman yang selama ini berkembang disebagian komunitas masyarakat bahwa sistem kekhalifahan merupakan bagian dari doktrin islam. Tentunya selain ini masih ada beberapa artikel lain terkait dengan analisis putusan MK lainya, demikian ahmad faidi menambahkan.

Menjaga konstitusi bukan hanya tanggung jawab MK, akan tetapi kami sadari sebagai tanggung jawab kita bersama, termasuk para pengelola jurnal ilmiah di perguruan tinggi.
“Kami atasnama pengelola jurnal al-Ihkam Fakultas Syari’ah IAIN Madura menyampaikan banyak terimakasih atas apresiasi Mahkamah Konstitusi terhadap jurnal al-Ihkam sebagai Terbaik Pertama dalam kategori jurnal ilamiah hukum dan konstitusi di Indoneasia,” demikian dosen Fakultas Syari’ah mengakhiri sambutannya. (MKnews)

Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ini Pesan Dekan Faud kepada Mahasiswa Terpilih untuk Program Penelitian dan PkM Internasional

4 April 2024 - 04:02 WIB

Sosialisasi Penelitian dan PkM Internasional Fakultas Ushuluddin dan Dakwah

Laksanakan Semarak Ramadhan Bersama UKK FPM FEBI: Upaya Menebar Hal Positif pada Masyarakat Sekitar

31 Maret 2024 - 16:06 WIB

Semarak Ramadhan Bersama UKK FPM FEBI

Ketua Dema Fakultas Tarbiyah Tuntut SK Asli, Wadek III Beri Tanggapan

31 Maret 2024 - 04:37 WIB

Ilustrasi foto dari https://pin.it/6MX4GFmZr

Penipuan Mengatasnamakan Dosen IAIN Madura, Beberapa Mahasiswa Telah Menjadi Korban

30 Maret 2024 - 03:29 WIB

Sumber foto: https://pin.it/1Jr4Mrhzk

Prodi HES Sukses Gelar Meet and Greet: Optimis Jadikan Madura Sebagai Hook Sentral Industri Halal Nasional

20 Maret 2024 - 03:45 WIB

Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Sukses Gelar Meet and Greet Bersama Ketua POSDHESI

UKK Pramuka Sajikan Hal Unik di Closing Dies Maulidiyah: Upaya Mengenalkan Budaya Daerah

16 Maret 2024 - 11:09 WIB

Closing Dies Maulidiyah XXXII UKK PRAMUKA IAIN Madura
Trending di Liputan Khusus