Menu

Mode Gelap
HMPS Ekonomi Syari’ah Adakan Entrepreneurship Workshop Semarak Bulan Bahasa, HMPS TBIN Adakan Pemilihan Duta Bahasa Indonesia IAIN Madura Gelar Pisah Sambut Kabiro AUAK IAIN Madura Tidak Masuk 3 Besar Kampus Terbaik di Madura Versi Kemendikbudristek RI Dianggap Tidak Mendidik, Konten IMTV Mendapat Kritikan

News · 23 Jul 2019 04:32 WIB ·

Inilah Pemberdayaan KPM Posko 133 Bagi Masyarakat Kaduara Barat


 Inilah Pemberdayaan KPM Posko 133 Bagi Masyarakat Kaduara Barat Perbesar

Ceria : Peserta KPM 133 bersama anak-anak

IAIN Madura, Activita– Lakukan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) 2019, posko 133 Institut Agama Islam Negeri (IAIN)  Madura berikan pemberdayaan pada masyarakat Desa Kaduara Barat, Pamekasan. Selasa (23/07/19).

Posko 133 yang melakukan KPM sejak Kamis (05/07/19) ini dinahkodai oleh Khusnullah (TIPS/7) dan 13 mahasiswa KPM lainnya.

Khusnullah (TIPS/7) selaku Kordinator Desa (Kordes) mengungkapkan, selama melakukan KPM di Desa Kaduara Barat telah melakukan beberapa kegiatan sosial di masyarakat. “Sebelumnya kami sudah melakukan bakti sosial, seperti berjamaah dan yasinan, mengajar di Taman pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Rahmatul Hikam, mengajar ngaji di musholla, mengajar di lembaga sekolah, senam pagi bersama, muslimatan, Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), dan PKK,” jelasnya.

Ia juga membeberkan, memasuki hari ke 19 sudah ada beberapa pemberdayaan bagi masyarakat Kaduara Barat. “Dalam kegiatan KPM ini, kami memberi pemberdayaan pada masyarakat, seperti pemberdayaan pada papan nama kuburan, pembuatan stik ikan lele dengan varian rasa, penyuluhan budidaya ikan lele yang baik, dan beberapa pemberdayaan lainnya,” imbuh mahasiswa semester 7 tersebut.

Pemberdayaan ini diharapkan bis meningkatkan perekonomian masyarakat baik dalam budidaya lele, nelayan dan sebagainya. “Semoga pemberdayaan ini sesuai dengan ekspektasi kami dan bisa ditindak lanjuti oleh masyarakat,” harap Kordes.

Selaras dengan itu, Qurrotul Aini (ES/7) juga berharap, pemberdayaan bisa memperbaiki kehidupan masyarakat Desa Kaduara Barat, khususnya di bidng ekonomi. “Semoga adanya pemberdayaan ini dapat membuat Desa Kaduara Barat bisa lebih berkembang dan perekonomian masyarakatnya lebih meningkat,” pungkasnya. (tri)

Artikel ini telah dibaca 20 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ormawa Fakultas Tarbiyah Lakukan Audensi, Pihak Dekanat Beri Tanggapan

12 Juni 2024 - 05:43 WIB

Audensi Ormawa Terhadap Dekanat Fakultas Tarbiyah

Tunjukkan Kesolidan, Ormawa Fasya Gelar Pelantikan Raya

12 Juni 2024 - 01:17 WIB

pelantikan raya fakultas syari'ah 2024

Sema, Dema, dan UKK FPM FEBI Adakan Pelantikan Kolaboratif, Ini Tanggapan Pihak Fakultas Ekonomi dan Bisnis

10 Juni 2024 - 14:15 WIB

Pelantikan Kolaboratif Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Adakan Pekan Berkah 2024, UPZ IAIN Madura Sertakan Bazar dalam Rentetan Kegiatan

10 Juni 2024 - 01:50 WIB

Pekan Berkah UPZ IAIN Madura

Dilantik Sebagai Wakil Dema I, Demisioner PU LPM Activita Minta Kampus Lakukan Perbaikan

8 Juni 2024 - 23:57 WIB

Wakil Presiden Mahasiswa IAIN Madura 2024-2025

Patut Dicontoh, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Libatkan Mahasiswa dalam Penelitian Internasional

7 Juni 2024 - 15:10 WIB

Tim Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Internasional, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah
Trending di Kabar Kampus