Menu

Mode Gelap
HMPS Ekonomi Syari’ah Adakan Entrepreneurship Workshop Semarak Bulan Bahasa, HMPS TBIN Adakan Pemilihan Duta Bahasa Indonesia IAIN Madura Gelar Pisah Sambut Kabiro AUAK IAIN Madura Tidak Masuk 3 Besar Kampus Terbaik di Madura Versi Kemendikbudristek RI Dianggap Tidak Mendidik, Konten IMTV Mendapat Kritikan

News · 25 Okt 2019 13:09 WIB ·

Identik dengan Berita, UKK LPM Activita Juga Mengkaji Karya Tulis Ilmiah


 Identik dengan Berita, UKK LPM Activita Juga Mengkaji Karya Tulis Ilmiah Perbesar

Praktek Menulis Artikel oleh Anggota Magang Activita

IAIN Madura, Activita– Walau identik dengan berita, Unit Kegiatan Khusus (UKK) Lembaga Pers Mahasiswa (LPM)  Activita Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura  juga mengkaji karya tulis ilmiah. Seperti halnya artikel, esai, opini dan lain sebagainya.

Hal ini dibuktikan dengan diadakannya kajian tentang kepenulisan artikel pada Kamis (24/10/19) di Depan Laboratorium I IAIN Madura. Selain itu, UKK LPM Activita juga menyediakan blog yang menampung karya anggotanya, baik berupa berita maupun non berita.

Di kalangan mahasiswa IAIN Madura, UKK LPM Activita terkenal sebagai organisasi yang berkecimpung di dunia berita dan hanya bertugas meliput acara dan masalah di kampus. Stigma ini melekat di kalangan mahasiswa karena UKK LPM Activita merupakan lembaga pers.

Kamila (Tbin/3) menuturkan pandangannya tentang UKK LPM Activita, bahwa UKK LPM Activita adalah organisasi yang bertugas menyampaikan berita. “Ketika pertama kali mendengar kata LPM, jelas yang terlintas di benak saya adalah berita. Karena pers adalah berita,” paparnya.

Hal senada juga dipaparkan oleh Syafik (Tbin/3) bahwa UKK LPM Activita adalah organisasi yang menyampaikan berita di ranah kampus. “Tugas UKK LPM Activita tentunya adalah menyampaikan berita seputar kampus IAIN Madura. Baik berita acara, maupun permasalahan yang terjadi di wilayah kampus IAIN Madura ini,” tutur salah satu pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tbin ini.

Menanggapi hal tersebut, Rofiatul Windariana (IQT/7) selaku pemateri dalam kajian kemarin memaparkan bahwa stigma dari kalangan mahasiswa tentang UKK LPM Activita itu wajar saja, UKK LPM Activita memang lebih fokus terhadap berita. “Sifat berita kan aktual, makanya harus diupgrade setiap hari. Jika UKK LPM Activita uga mengkaji artikel, esai, cerpen dan sebagainya, itu merupakan nilai tambah dari organisasi UKK LPM Activita iu sendiri,” terangnya.

Umarul Faruk selaku Pimpinan Umum (PU) demisioner UKK LPM Activita juga menuturkan stigma itu kurang tepat, mengingat UKK LPM Activita juga mengkaji karya-karya lain di luar ranah keberitaan. “Menurut saya stigma itu kurang tepat, karena faktanya UKK LPM Activita juga mengkaji karya tulis ilmiah dan sebagainya,” tandasnya. (Pena Semesta)

Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bekali Mahasiswa dengan Digital Infulence Mufassir dan Muhaddis, Prodi IQT Adakan KMQ Ke VII

7 Juli 2024 - 04:12 WIB

Kaderisasi Mahasiswa Qur'an Hadist ke VII

Kontribusi Penuh! Pelantikan HMPS PIAUD Usung Tema Bangun Organisasi Berkualitas

5 Juli 2024 - 17:35 WIB

Pelantikan HMPS PIAUD 2024-2025

UKK FPM FEBI Sukseskan Opening Ceremony Dies Maulidiah Ke VII

1 Juli 2024 - 05:34 WIB

Opening Ceremony Dies Maulidiyah ke-VII

Keren, Ini Dia Pelantikan Raya Ormawa Fakultas Ushuluddin dan Dakwah

30 Juni 2024 - 10:52 WIB

Seminar sekaligus Pelantikan Ormawa Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Periode 2024-2025

Pengurus HMPS TBI Rayakan Pelantikan Sekaligus Harlah ke -17

30 Juni 2024 - 05:21 WIB

Pelantikan HMPS TBI IAIN Madura Periode 2023-2024

Pengurus HMPS TIPS Undang H. Her Sebagai Pemateri dalam Pelantikan

28 Juni 2024 - 16:10 WIB

Pelantikan Pengurus MPI 2024-2025
Trending di Kabar Kampus