Menu

Mode Gelap
HMPS Ekonomi Syari’ah Adakan Entrepreneurship Workshop Semarak Bulan Bahasa, HMPS TBIN Adakan Pemilihan Duta Bahasa Indonesia IAIN Madura Gelar Pisah Sambut Kabiro AUAK IAIN Madura Tidak Masuk 3 Besar Kampus Terbaik di Madura Versi Kemendikbudristek RI Dianggap Tidak Mendidik, Konten IMTV Mendapat Kritikan

News · 11 Apr 2021 04:53 WIB ·

HMPS BKPI Tingkatkan Wawasan Mahasiswa dengan Seminar Nasional


 HMPS BKPI Tingkatkan Wawasan Mahasiswa dengan Seminar Nasional Perbesar

 

IAIN Madura, LPM Activita- Bertujuan tingkatkan Pengetahuan mahasiswa, Himpunan Mahasiswa Program Studi ( HMPS)  Bimbingan Konseling pendidikan Islam (BKPI) Insitut Agama Islam Negeri ( IAIN ) Madura adakan Seminar Nasional dengan Tema “Urgensi Program BK Dalam mewujudkan Ideologi Sosialisme”.Minggu (11/04/2021).

Seminar yang di laksanakan di Auditorium Utama IAIN Madura tersebut di hadiri oleh ketua Prodi (Kaprodi), Dosen BKPI, Dimisioner HMPS, Presiden Mahasiwa (Presma), Wakil Presma, Mahasiswa BKPI lintas angkatan serta menghadirkan Mamang Efendi sebagai pemateri .

Dosen Psikologi Universitas 17 Surabaya  itu dalam materinya menyampaikan,  guru pada umumnya hanya melatih intelektual saja. Namun, guru BK lebih kepada kejiwaan siswa.

“Yang bertanggung jawab atas emosi, sikap, dan perilaku siswa itu adalah guru BK”, ujarnya ketika mengawali obrolan.

Menurut pria kelahiran Galis itu, idieologi sosilisme yang dianut oleh bangsa indonsia adalah kolektif, dimana dalam sosial yang dibangun adalah kepedulian sesama. Berbeda  dengan budaya yang dianut oleh Amerika yang lebih menganut budaya individu. Budaya indonesia adalah gotong royong dan di Amerika lebih mementingkan dirinya sendiri. Anak di indonesia lebih ingin mebanggakan orang  yang berada di sekitarnya sedangkan di Amerika mereka lebih ingin membanggakan dirinya sendiri.

Foto pemateri bersama moderator saat diskusi berlangsung

Adapun tanggapan dari  mahasiswa, acara seminar yang diselenggarakan oleh HMPS BKPI merupakan acara yang sangat berguna.

“Saya beruntung bisa hadir ke acara ini. Karena, dengan ikut seminar saya bisa menambah ilmu, khususnya ilmu ke-BK-an,”  tutur Rindayani (BKPI/2).

Ketua HMPS BKPI, Imron berharap, dengan adanya seminar ke-BK-an mahasiswa dapat menambah wawasan dan ada suatu perubahan.

“Harapan saya, dengan tema yang kita angakat yaitu idiologi sosialisme. Semoga, setelah acara ini  mahasiswa BKPI yang awalnya sulit untuk bersosial dapat mudah bersosial sehingga dapat berbaur dengan masyarakat sekitar,” harapnya ketika diwawancarai oleh crew Acivita sesudah acara.

Diketahui, acara seminar merupakan program kerja dari Divisi Sosial Budaya ( Sosbud) dan dimeriahkan oleh komunitas tari dan paduan suara BKPI. (Sm/Activia)

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ini Pesan Dekan Faud kepada Mahasiswa Terpilih untuk Program Penelitian dan PkM Internasional

4 April 2024 - 04:02 WIB

Sosialisasi Penelitian dan PkM Internasional Fakultas Ushuluddin dan Dakwah

Laksanakan Semarak Ramadhan Bersama UKK FPM FEBI: Upaya Menebar Hal Positif pada Masyarakat Sekitar

31 Maret 2024 - 16:06 WIB

Semarak Ramadhan Bersama UKK FPM FEBI

Ketua Dema Fakultas Tarbiyah Tuntut SK Asli, Wadek III Beri Tanggapan

31 Maret 2024 - 04:37 WIB

Ilustrasi foto dari https://pin.it/6MX4GFmZr

Penipuan Mengatasnamakan Dosen IAIN Madura, Beberapa Mahasiswa Telah Menjadi Korban

30 Maret 2024 - 03:29 WIB

Sumber foto: https://pin.it/1Jr4Mrhzk

Prodi HES Sukses Gelar Meet and Greet: Optimis Jadikan Madura Sebagai Hook Sentral Industri Halal Nasional

20 Maret 2024 - 03:45 WIB

Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Sukses Gelar Meet and Greet Bersama Ketua POSDHESI

UKK Pramuka Sajikan Hal Unik di Closing Dies Maulidiyah: Upaya Mengenalkan Budaya Daerah

16 Maret 2024 - 11:09 WIB

Closing Dies Maulidiyah XXXII UKK PRAMUKA IAIN Madura
Trending di Liputan Khusus