Menu

Mode Gelap
HMPS Ekonomi Syari’ah Adakan Entrepreneurship Workshop Semarak Bulan Bahasa, HMPS TBIN Adakan Pemilihan Duta Bahasa Indonesia IAIN Madura Gelar Pisah Sambut Kabiro AUAK IAIN Madura Tidak Masuk 3 Besar Kampus Terbaik di Madura Versi Kemendikbudristek RI Dianggap Tidak Mendidik, Konten IMTV Mendapat Kritikan

Uncategorized · 20 Okt 2016 23:47 WIB ·

HIMA AHS GELAR SEMINAR HUKUM ISLAM


 HIMA AHS GELAR SEMINAR HUKUM ISLAM Perbesar

Khidmat: Para peserta sedang menyimak penyampaian pemateri
STAIN Pamekasan– Dalam rangka mencetak para pakar hukum Islam,  Himpunan Mahasiswa Ahwal Assyakhsyiyah (HIMA-AHS) gelar seminar hukum Islam dengan tema “Prospektif hukum Islam di Indonesia”. Dalam acara ini juga berlangsung deklarasi Forum Mahasiswa Ahwal Assyakhsyiyah (FORMAS). (20/10)
 Hadir dalam acara ini, hakim pengadilan agama yaitu Syafi’i M.Ag. Sekaligus menjadi pemateri di acara tersebut.  Syafi’i mengatakan, dengan adanya acara ini, mahasiswa bisa manambah  kapasitas keilmuan tentang hukum Islam. “Dimana  hukum yang ada di Indonesia masih memandang pada hukum barat.” Ungkapnya saat mengisi acara.

 

Ketua panitia Lutfi mengatakan, tujuan diadakannya acara ini, untuk menambah kepasitas keilmuan hukum Islam. Selain itu,  agar para generasi muda sadar bahwa hukum Islam yang dianut di Indonesia itu masih belum murni. Tetapi masih bercampur dengan hukum barat. “Prospek hukum Islam di Indonesia relatif masih belum merdeka, dimana hukum masih mengambil dari Belanda oleh badan legislatif Indonesia. Maka dari itu, diperlukannya kesadaran para generasi muda untuk memerdekakan hukum tersebut dengan prospek hukum Islam untuk tidak mengambil dari hukum kebaratan sehingga tidak tercampuradukkan.” Pungkasnya. 
Senada dengan ketua Panitia,  Muhtarullah, selaku ketua umum  HIMA AHS menuturkan, tema yang diangkat dari acara ini sebelumnya telah dirapatkan bersama  para panitia. “Karena di Indonesia itu sendiri ternyata Islam hanya dijadikan sebagai formalitas semata, maka dari itu kami menggangkat tema ini agar bisa mengetahui cara menjalankan hukum Islam dengan sebenar-benarnya.” Ujarnya pada kru Vita Pos. Ia berharap, acara ini bisa dipahami oleh seluruh mahasiswa yang hadir dalam seminar dan seluruh mahasiswa pada umumnya, khususnya mahasiswa AHS itu sendiri.

Salah satu peserta yang tidak mau disebutkan namanya menilai, ketidakkondusipan forum masih juga mengiringi acara tersebut. Seperti peserta cendrung  kurang memperhatikan materi. “Saya merasa bosan dengan acara ini, karena tempat duduk para peserta kurang tertib dan kurang memperhatikan jalannya acara, sehingga terkesan mereka membuat forum dalam forum,” ujar peserta itu pada Kru Vita Pos. Selain itu kurang efektifnyawaktu sehingga menyebabkan molornya waktu yang dari awal jadwal acara pukul 08:00 WIB seharusnya sudah dimulai, akan tetapi belum juga dimulaiacaranya. “Serta banyak panitia dan peserta datang terlambat termasuk ketua prodi AHS itu sendiri.” Ungkapnya dengan wajah kesal. (Kru)
Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tak Disupport Kampus, Tim Futsal IAIN Madura Raih Juara Tingkat Provinsi

21 Februari 2024 - 06:34 WIB

Tim futsal UKOR

6 Juni 2022 - 08:13 WIB

Dema IAIN Madura Desak Kampus Transparansi soal Refocusing Anggaran

12 Oktober 2021 - 00:27 WIB

Movies On A Budget: 5 Tips From The Great Depression

1 September 2021 - 12:25 WIB

If You Want To Be A Winner, Change Your Movie Philosophy Now!

1 September 2021 - 02:02 WIB

Warning: What Can You Do About Movie Right Now

1 September 2021 - 01:52 WIB

Trending di Uncategorized