Menu

Mode Gelap
HMPS Ekonomi Syari’ah Adakan Entrepreneurship Workshop Semarak Bulan Bahasa, HMPS TBIN Adakan Pemilihan Duta Bahasa Indonesia IAIN Madura Gelar Pisah Sambut Kabiro AUAK IAIN Madura Tidak Masuk 3 Besar Kampus Terbaik di Madura Versi Kemendikbudristek RI Dianggap Tidak Mendidik, Konten IMTV Mendapat Kritikan

Lensa Mahasiswa · 24 Mei 2024 01:27 WIB ·

FLDP IAIN Madura, Setelah Setahun Terlaksana


 FLDP IAIN Madura 2024 Perbesar

FLDP IAIN Madura 2024

Activita.co.id- Unit Pelaksana Teknis (UPT) dalam pengembangan pembelajaran dan layanan bahasa, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, adakan program Foreig Language Development Learning ( FLDP ) sejak tahun 2023 lalu. Sejauh ini FLDP IAIN Madura masih berfokus pada pembelajaran dua bahasa, yaitu bahasa Inggris sebagai bahasa internasional dan juga bahasa Arab untuk mendorong mahasiswa IAIN Madura mampu bersaing di kancah internasional. (24/05/2024)

Program FLDP ini menjadi mata kuliah tambahan di semester genap yang diberikan kepada mahasiswa baru. Program FLDP dilaksanakan dengan dua sistem pembelajaran yaitu penyampaian materi dan pengayaan. Setiap bahasa memiliki dua dosen pengampu untuk menyampaikan materi dan pengayaan berupa praktik berdialog menggunakan bahasa asing.

Abdul Wafie, Kepala UPT bahasa IAIN Madura menyampaikan bahwa program ini didukung penuh oleh rektor IAIN Madura dengan harapan program FLDP ini mampu mendorong mahasiswa berkontribusi dan berkolaborasi di jenjang internasional.

“Program FLDP yang meliputi aturan dari Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia mengenai internasionalisasi kampus di sambut baik oleh rektor IAIN Madura, bahwasanya mahasiswa harus mampu berkontribusi dan berkolaborasi di jenjang internasional, dalam artian mahasiswa Mampu menguasai bahasa asing dan tidak hanya terfokus kepada program studi yang mereka ambil,” ungkapnya.

Salah satu staf pengajar FLDP, Titik Handayani, ikut memberikan tanggapan positif dengan adanya program FLDP tersebut, menurutnya program ini akan bermanfaat bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing yang sangat penting di dunia kerja nantinya.

“Dengan adanya program (FLDP) ini juga menandakan bahwa kampus peduli pada masa depan mahasiswanya. Dimana, bahasa asing itu sangat penting di dunia kerja. Tinggal bagaimana mahasiswa memanfaatkannya saja,” paparnya.

Sementara itu, Muaddibunnas Syukkur, mahasiswa yang mengikuti program FLDP sejak 2023 lalu dan berhasil menjuarai lomba story telling di dekan cup fakultas tarbiyah dan juara satu pidato bahasa Inggris yang di adakan oleh IAIN Madura ini, memberikan tanggapan bahwa program FLDP ini memang memberikan hasil yang positif bagi kemampuan berbahasa asing mahasiswa IAIN Madura.

“Program ini merupakan terobosan yang sejauh ini efektif, dibuktikan dengan progres pada mahasiswa IAIN Madura yang mampu mengembangkan soft skill dan hard skill-nya,” ujarnya. (Activita/kelompok 8)

Artikel ini telah dibaca 181 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Sekilas Tentang Kita

30 September 2018 - 17:05 WIB

Sekilas Tentang LPM Activita

30 September 2018 - 16:54 WIB

Sekilas Tentang LPM Activita

30 September 2018 - 16:54 WIB

Lensa Mahasiswa

15 April 2018 - 07:22 WIB

Lensa Mahasiswa

15 April 2018 - 07:22 WIB

Trending di Lensa Mahasiswa