Menu

Mode Gelap
HMPS Ekonomi Syari’ah Adakan Entrepreneurship Workshop Semarak Bulan Bahasa, HMPS TBIN Adakan Pemilihan Duta Bahasa Indonesia IAIN Madura Gelar Pisah Sambut Kabiro AUAK IAIN Madura Tidak Masuk 3 Besar Kampus Terbaik di Madura Versi Kemendikbudristek RI Dianggap Tidak Mendidik, Konten IMTV Mendapat Kritikan

Liputan Khusus · 7 Jul 2024 04:12 WIB ·

Bekali Mahasiswa dengan Digital Infulence Mufassir dan Muhaddis, Prodi IQT Adakan KMQ Ke VII


 Kaderisasi Mahasiswa Qur'an Hadist ke VII Perbesar

Kaderisasi Mahasiswa Qur'an Hadist ke VII

Activita.co.id – Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Ilmu Al Qur’an dan Tafsir (IQT) dan Himpunan Mahasiswa Program Studi HMPS (HMPS) Ilmu Hadist (ILHA) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura sukses adakan Kaderisasi Mahasiswa Qur’an Hadist (KMQ) yang ketujuh dengan Tema “Aktualisasi Peran Kader Mufassir dan Muhaddis dalam Menyebarkan Moderasi Beragama di Era Digital” di Yayasan Al Marzuqi Darussalam, Bukek, Tlanakan, Pamekasan (1/7/2024).

Acara tersebut berlangsung selama 4 hari teritung dari hari Jum’at sampai Senin, 28 Juni – 1 Juli 202, dengan diikuti oleh Mahasiswa Program Studi Ilmu Al Qur’an dan Tafsir (IQT) dan juga Mahasiswa Program Studi Ilmu Hadis (ILHA) angkatan 2023.

Wulidal Habibi selaku Ketua Panitia pada acara tersebut mengungkapkan bahwa tujuan diadakanya acara tersebut merupakan wujud giat pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Ilmu Al Qur’an dan Tafsir (IQT) dan juga Ilmu Hadist (ILHA) agar Mahasiswa Program Studi Ilmu Al Qur’an dan Tafsir dan juga Ilmu Hadist bisa berperan penting dalam syiar penyebaran moderasi beragama, utamanya dalam pengkaderan mereka sebagai mufassir dan muhaddis di era digital.

“Tujuan diadakannya KMQ ke tujuh ini tentu salah satunya adalah untuk mengkader mahasiswa IQT dan ILHA agar menjadi mufassir dan muhaddis yang bisa menyebarkan moderasi beragama di masyarakat di era digital dengan berbagai aplikasi media sosial yang ada saat ini,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Ilmu Al Qur’an dan Tafsir, Ahmad Syukron Jazilan menyampaikan bahwa peran Kaderisasi Mahasiswa Al Qur’an dan Hadis ini adalah usaha untuk memberikan bimbingan dan arahan dalam usaha pengembangan skill akademik maupun non-akademik bagi mahasiswa Ilmu Al Qur’an dan Tafsir dan juga Ilmu Hadist.

“KMQ ini berperan sebagai jembatan bimbingan dan arahan dalam pengembangan akademik dan spiritual. Kemudian bisa menjadi wadah untuk mengasah keterampilan analisis dan interpretasi Al-Qur’an dan juga bisa membangun jaringan dan relasi yang kuat di antara mahasiswa untuk saling mendukung dalam kegiatan akademik dan sosial,” ucapnya.

“Harapannya, yang pasti semoga Mahasiswa dapat memahami dan mengamalkan ajaran Al-Qur’an dengan lebih baik. Dan bisa terbentuknya generasi yang berintegritas dan berwawasan luas dalam bidang ilmu Al-Qur’an dan tafsir, juga untuk terjalinnya hubungan yang erat dan harmonis antara semua mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Dakwah khususnya Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir dan juga Ilmu Hadist,” lanjutnya.

Ahmad Baihaqi selaku Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Ilmu Hadist (ILHA) juga menyampaikan harapannya mengenai acara KMQ tersebut.

“Saya kira dengan diadakannya KMQ ini menjadi satu langkah awal lagi untuk para mahasiswa ILHA yang mengikuti kegiatan ini, dikarenakan di prodi ILHA sendiri belum bisa mengadakannya secara mandiri, jadi saya merasa senang karena HMPS IQT mau menerima mahasiswa ILHA untuk saling belajar bersama. Harapan untuk kedepan nya, semoga HMPS ILHA bisa mengadakan diklat seperti ini secara mandiri dan independen sebagai sarana pertumbuhan dan pengembangan HMPS ILHA dikemudian hari,” harapnya.

Salah satu peserta dalam acara tersebut, yaitu Nova Auliatul Khalili menyampaikan kesannya ketika mengikuti acara KMQ tersebut. Ia mengatakan bahwa KMQ memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa Ilmu Al Qur’an dan Tafsir dan juga Ilmu Hadist.

“Acara ini sangat berkesan dan memberikan banyak manfaat bagi kami, baik dari segi peningkatan wawasan keilmuan maupun pengalaman berharga dalam berkompetisi. Sekali lagi, terima kasih kepada seluruh panitia dan pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan KMQ-VII. Saya sangat bersyukur dapat menjadi bagian dari acara yang luar biasa ini,” tuturnya ketika diwawancarai. (Activita)

Artikel ini telah dibaca 48 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kontribusi Penuh! Pelantikan HMPS PIAUD Usung Tema Bangun Organisasi Berkualitas

5 Juli 2024 - 17:35 WIB

Pelantikan HMPS PIAUD 2024-2025

UKK FPM FEBI Sukseskan Opening Ceremony Dies Maulidiah Ke VII

1 Juli 2024 - 05:34 WIB

Opening Ceremony Dies Maulidiyah ke-VII

Keren, Ini Dia Pelantikan Raya Ormawa Fakultas Ushuluddin dan Dakwah

30 Juni 2024 - 10:52 WIB

Seminar sekaligus Pelantikan Ormawa Fakultas Ushuluddin dan Dakwah Periode 2024-2025

Pengurus HMPS TBI Rayakan Pelantikan Sekaligus Harlah ke -17

30 Juni 2024 - 05:21 WIB

Pelantikan HMPS TBI IAIN Madura Periode 2023-2024

Pengurus HMPS TIPS Undang H. Her Sebagai Pemateri dalam Pelantikan

28 Juni 2024 - 16:10 WIB

Pelantikan Pengurus MPI 2024-2025

Pelantikan Pengurus HMPS MPI, Kaprodi: Peningkatan Prestasi Harus Diperhatikan

28 Juni 2024 - 14:50 WIB

Pelantikan Pengurus MPI 2024-2025
Trending di Kabar Kampus