Menu

Mode Gelap
HMPS Ekonomi Syari’ah Adakan Entrepreneurship Workshop Semarak Bulan Bahasa, HMPS TBIN Adakan Pemilihan Duta Bahasa Indonesia IAIN Madura Gelar Pisah Sambut Kabiro AUAK IAIN Madura Tidak Masuk 3 Besar Kampus Terbaik di Madura Versi Kemendikbudristek RI Dianggap Tidak Mendidik, Konten IMTV Mendapat Kritikan

News · 12 Nov 2019 15:17 WIB ·

40 Siswa SMP/MTs Ikuti Babak Semi Final OLIPS


 40 Siswa SMP/MTs Ikuti Babak Semi Final OLIPS Perbesar

Suasana tes babak semi final OLIPS 2019 yang diadakan oleh HMPS TIPS IAIN Madura

Lpm Activita– 40 Siswa SMP yang dinyatakan lolos dari babak sebelumnya ikuti babaj semi final Olimpiade IPS Tingkat SMP/MTs se-Madura (OLIPS) di Auditorium Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Selasa (12/11/19).

Acara ini diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (TIPS) yang sebelumnya sudah melakukan babak penyisihan pada hari Minggu (10/11/19) dan diikuti oleh 160 peserta.

Ahmad Zaini (TIPS/3) mengungkapkan, tujuan diadakannya olimpiade ini untuk meningkatkan kemampuan dan memberikan pengalaman baru kepada pelajar khususnya siswa SMP/MTs. “Tujuannya agar adik-adik belajar lagi materi yang sudah dilewati dan punya pengalaman baru,” ungkapnya ketua panitia OLIPS tersebut.

Setelah babak semi final akan dilanjutkan ke babak final dan diambil 6 besar untuk memperebutkan juara I, II, III dan harapan I, II, III. “Nanti siang sekitar jam 2 babak final akan dilangsungkan untuk memperebutkan juaranya,” imbuh Zaen, sapaan akrabnya.

Ia berharap, HMPS TIPS kedepannya akan terus mengadakan kegiatan yang dapat menggali potensi yang dimiliki oleh pelajar. “Semoga HMPS TIPS kedepannya berkomitmen mengadakan acara yang bagus untuk menggali potensi adik-adik,” harap mahasiswa semester 3 tersebut.

Selaras dengan itu, Moh Firdaus Ubaidillah selaku ketua HMPS TIPS menuturkan, salah satu tujuan olimpiade ini diadakan untuk mengenalkan IAIN Madura sebagai satu-satunya kampus yang memiliki Program Studi (Prodi) TIPS serta untuk mengasah kemampuan yang dimiliki oleh siswa SMP/MTs di Madura. “Ini merupakan cara kami, agar khalayak tau bahwa ada Prodi TIPS di IAIN Madura, sekaligus mengasah kemampuan adik-adik,” jelasnya.

Ia menambahkan, kegiatan ini sudah menjadi salah satu agenda kegiatan tahunan dan peserta olimpiade tahun ini lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. “Olimpiade ini kegiatan rutinitas tahunan dan peserta olimpiade terbanyak tahun ini,” tutur mahasiswa semester 5 tersebut.

Acara ini mendapat tanggapan dari Setiawan selaku pendamping dari peserta SMP 1 Larangan Pamekasan. Ia menyampaikan, adanya olimpiade ini dapat membuat siswa lebih mengasah ilmu dan kemampuannya. “Kegiatan seperti ini dapat mengasah kemampuan siswa, khususnya pada materi IPS itu sendiri,” ujarnya.

Ia berharap, semoga HMPS TIPS akan terus menyelenggarakan olimpiade seperti inu agar siswa dapat meningkatkan kualitasnya dalam bidang keilmuan dan berharap semoga anak didiknya dapat meraih prestasi pada olimpiade ini. “Semoga kedepannya acara ini tetap dilaksanakan dan semoga siswa kami menjadi juara,” pungkasnya. (Alif Senansa)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ini Pesan Dekan Faud kepada Mahasiswa Terpilih untuk Program Penelitian dan PkM Internasional

4 April 2024 - 04:02 WIB

Sosialisasi Penelitian dan PkM Internasional Fakultas Ushuluddin dan Dakwah

Laksanakan Semarak Ramadhan Bersama UKK FPM FEBI: Upaya Menebar Hal Positif pada Masyarakat Sekitar

31 Maret 2024 - 16:06 WIB

Semarak Ramadhan Bersama UKK FPM FEBI

Ketua Dema Fakultas Tarbiyah Tuntut SK Asli, Wadek III Beri Tanggapan

31 Maret 2024 - 04:37 WIB

Ilustrasi foto dari https://pin.it/6MX4GFmZr

Penipuan Mengatasnamakan Dosen IAIN Madura, Beberapa Mahasiswa Telah Menjadi Korban

30 Maret 2024 - 03:29 WIB

Sumber foto: https://pin.it/1Jr4Mrhzk

Prodi HES Sukses Gelar Meet and Greet: Optimis Jadikan Madura Sebagai Hook Sentral Industri Halal Nasional

20 Maret 2024 - 03:45 WIB

Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Sukses Gelar Meet and Greet Bersama Ketua POSDHESI

UKK Pramuka Sajikan Hal Unik di Closing Dies Maulidiyah: Upaya Mengenalkan Budaya Daerah

16 Maret 2024 - 11:09 WIB

Closing Dies Maulidiyah XXXII UKK PRAMUKA IAIN Madura
Trending di Liputan Khusus